Follow kami di google berita

Dukung KTT Asean 2023, KRI Banjarmasin -592 Bertolak Menuju Labuan Bajo

A-News.id, Jakarta — Setelah menyelesaikan misinya untuk mendukung kegiatan mudik asyik gratis naik kapal perang dalam rangka mudik lebaran tahun 2023, KRI Banjarmasin-592 mendapatkan perintah kembali untuk melaksanakan dukungan angkutan laut TNI dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu mendukung pergeseran pasukan dan materiil.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Setelah sehari sebelumnya melaksanakan embarkasi personel dan materiil KRI Banjarmasin-592 bertolak dari dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Labuan Bajo, Jumat (28/4/2023).

Komandan KRI BJM-592 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo yang ditemui saat embarkasi personel dan materiil menyampaikan bahwa secara umum kegiatan embarkasi kendaraan untuk mendukung pengamanan kegiatan KTT Asean 2023 berlangsung dengan aman dan lancar.

“Mohon doanya, semoga tugas yang diemban oleh KRI Banjarmasin dapat dilaksanakan dengan aman, sukses dan lancar sampai nanti tiba di Labuan Bajo untuk debarkasi personel dan materiil.” ungkapnya.

Lebih lanjut Letkol Agung menambahkan bahwa prajurit KRI yang dikomandaninya dalam kondisi penuh semangat dan moril tinggi untuk melaksanakan penugasan dengan tujuan Labuan Bajo, daerah yang belum pernah mereka kunjungi.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan melalui Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang menyampaikan pesannya agar Komandan KRI BJM-592 untuk selalu mengutamakan keselamatan personel dan materiil dalam melaksanakan tugasnya.

“Target zero accident harus tercapai. Semoga semuanya dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai harapan kita semua,” ujarnya.

Komandan Satlinlamil 1 juga menyampaikan pesannya kepada Komandan KRI Banjarmasin-592 untuk melaksanakan seluruh kegiatan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan selalu diawali dengan berdoa dan selama pelayaran agar memanfaatkan waktu yang ada untuk membina prajuritnya melalui latihan-latihan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit.

Dukungan unsur-unsur KRI untuk pergeseran pasukan dan materill guna menyukseskan event KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo merupakan komitmen dari seluruh jajaran TNI AL. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali agar seluruh Kotama TNI AL untuk meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (mimbar maritim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel