Follow kami di google berita

Hadiri Acara Satyalencana Wira Karya Nasional 2023, Isran Noor Paparkan Keberhasilan Dalam Pembangunan Pertanian Di Kaltim

(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memaparkan keberhasilan Benua Etam dalam pembangunan pertanian/Ist)
(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memaparkan keberhasilan Benua Etam dalam pembangunan pertanian/Ist)

Anews.id, Samarinda – Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor menghadiri Pekan Sambung Tani Nelayan Andalan Satyalencana Wira Karya Nasional 2023 (PENAS KTNA) yang dilgelar oleh Kementerian Pertanian, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada Sabtu, (29/4/2023).

Pada kesempatan tersebut, Isran Noor menyampaikan pidato tentang optimalisasi sektor pertanian dalam arti luas untuk meningkatkan nilai tambah guna mendukung perekonomian Indonesia.

Selain itu, Isran Noor juga menyampaikan keberhasilan pembangunan pertanian secara umum Kaltim periode 2019-2022. Sektor perikanan misalnya, ekspor perikanan Kaltim pada 2021 mencapai 7.206 ton.

“Produksinya kita ekspor di sepuluh negara, seperti Inggris, Dubai, Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong, Singapura, Vietnam, Thailand dan Malaysia,” Ungkapnya.

Sementara itu, kegiatan industri peternakan dikembangkan melalui perusahaan ternak desa Kabupaten Basel Penajan Utara (PPU). Bahkan, sektor pertanian dan hortikultura telah mampu mengekspor 1.800 ton pisang Grecek ke Malaysia, Taiwan, Kanada, Yunani, Pakistan, dan Singapura.

Sedangkan produksi industri perkebunan pada tahun 2021 mencapai 17,36 juta ton dengan komoditas utama kelapa sawit, lada, kakao, kelapa hitam dan karet.

“Sektor Kehutanan dilaksanakan melalui Program Perhutanan Sosial mencapai 271 ribu hektar untuk 19 ribu kepala keluarga dan 124 Unit SK Kelompok Perhutanan Sosial yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim,”  Pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel