Follow kami di google berita

Distribusikan Sembako Kepada Kampung Terdampak Banjir, PT Berau Coal Tunjukan Komitmen dan Kontribusinya

A-News.id, Tanjung Redeb – Komitmen PT Berau Coal terhadap korban bencana terus digalakkan. PT Berau Coal tanggap lakukan aksi tanggap darurat dengan menyalurkan bantuan kepada kampung-kampung sekitar yang terdampak bencana banjir luapan sungai Kelay.

Community Development PT Berau Coal, Reza Hermawan mengatakan, program penyaluran bantuan tersebut memang rutin pihaknya lakukan. Tidak hanya saat bencana banjir saja, juga saat terjadi bencana lain seperti kebakaran atau yang lainnya, PT Berau Coal siap memberikan bantuan.

“Kali ini yang menerima bantuan yaitu kampung yang berada di sekitar aliran sungai Kelay yang benar-benar terendam banjir. Bantuan tersebut bagian dari bantuan kebencanaan program penanggulangan bencana oleh PPM PT Berau Coal,” ungkapnya, Selasa (26/5/23).

Lanjutnya, bantuan yang disalurkan beberapa waktu lalu berupa bantuan yang mendesak, kebutuhan dasar yang memang diperlukan oleh warga kampung seperti air bersih dan makanan siap saji.

“Saat aksi cepat tanggap kemarin kita berikan keperluan yang mendesak, yakni Air mineral 341 dus, Minyak goreng 221 bungkus dan Telur 189 rak. Sebelumnya kita pastikan dulu di lokasi apa kebutuhan yang mendesak, itu yang kita berikan,” bebernya.

Adapun kampung yang disasar ialah, Kampung Merasa, Inaran, Bena Baru, Pegat Bukur dan Long Lanuk.
“Terdapat lima kampung yang terdampak banjir itu yang kami sasar kemarin,” katanya.

Dirinya menyebut, sepanjang Tahun 2023 ini PT Berau Coal telah dua kali menyalurkan bantuan kepada masyarakat kampung di sekitar lingkar tambang. “Kita cepat merespon setiap bencana yang terjadi. Tahun ini sudah dua kali terjadi bencana banjir yang cukup parah, dua kali juga kita salurkan bantuan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Inaran, Amirullah menyampaikan musibah banjir yang menimpa kampungnya menelan kerugian hingga ditaksir puluhan juta rupiah bagi warga. Musibah banjir ini merupakan banjir tahunan, tetapi tahun ini sudah dua kali terjadi.

“Kerugian ini menimpa sektor pertanian dan perkebunan masyarakat kami,” ujarnya.

Ia menjelaskan, banyak dari masyarakatnya mengalami gagal panen hingga peternakan ayam yang mati kedinginan dan hanyut terbawa air banjir. “Kalo untuk rumah kurang lebih 155 rumah dan 200 KK kurang lebih yang terdampak rendaman banjir,” katanya.

Amirullah menyebut, terkait bantuan yang disalurkan PT Berau Coal sangat membantu masyarakat karena yang diberikan memang bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh warga Inaran saat ini. “Bantuan berupa sembako dan air bersih tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kami dalam menghadapi situasi seperti saat ini,” ucapnya.

Amirullah berharap bentuk bantuan dari PT Berau Coal tidak sebatas ini saja, tapi kedepan dapat berkolaborasi lebih erat lagi untuk menunjang bidang pertanian dan perkebunan, serta pemberdayaan bagi masyarakat.

Kepala Kampung Merasa, Yafet menuturkan, atas nama pemerintah kampung dan masyarakat Kampung Merasa ia menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada PT Berau Coal, atas bantuan untuk korban banjir di kampungnya.

“Selama ini masyarakat yang terdampak banjir sebenarnya tidak sebatas ini saja, melainkan lebih banyak lagi, tapi kita lihat mereka yang kemarin betul-betul rumahnya terendam itu yang kita salurkan bantuan,” terangnya.

Ia mengaku, bantuan yang diberikan PT Berau Coal sangat cepat dalam penyalurannya. Pasalnya PT Berau Coal adalah pihak yang pertama kali memberikan bantuan sejak kampungnya mulai terendam banjir.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan PT Berau Coal. Semoga PT Berau Coal semakin maju dan dapat terus mendukung masyarakat,” pungkasnya. (Adv/poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel