Follow kami di google berita

Dinkes Berau Pastikan Kondisi Kesehatan Calon Jamaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Ilustrasi Keberangkatan Jemaah Haji Asal Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau pastikan kondisi kesehatan jemaah calon haji yang direncakan akan berangkat ke Tanah Suci dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinkes Berau, Totoh menjelaskan pihaknya akan terus melakukan pemantuan dan monitoring kondisi kesahatan para jemaah calon haji secara kontinyu. Utamanya untuk memastikan para jemaah calon haji telah vaksinasi Covid-19.

“Kita pastikan sudah vaksinasi Covid karena kalau belum akan tertolak oleh sistemnya Kementrian Agama,” ujar Totoh.

Selain memantau vaksinasi Covid pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran khususnya para calon jemaah haji yang berusia lansia.

Sesuai tema haji tahun ini, Berkeadilan dan Ramah Lansia, tentunya perhatian lebih akan diberikan kepada kelompok tersebut.

“Semua kita cek apakah memiliki penyakit komorbid atau tidak dan juga tes tensi darah,” tuturnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap kloter jemaah haji akan didampingi oleh dokter dan perawat yang telah dibekali keahlian khusus. Hal ini bertujuan agar para jemaah haji dapat dengan cepat berkomunikasi terkait keluhannya saat melakukan ibadah haji hingga selesai.

“Tiap kloter ada dokter atau perawat yang mendampingi, kita doakan semua berjalan sukses dan para jemaah dalam kondisi sehat hingga balik ke Tanah Air,” katanya.

Totoh menambahkan jemaah lansia yang tidak ada keluhan dimungkinkan untuk berangkat.

“Selama tidak ada penyakit berat atau tidak bisa melakukan perjalanan jauh. Kita akan beri rekomendasi,” tandasnya. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel