Follow kami di google berita

Maksimalkan Pertanian dan Pariwisata untuk PAD

A-News.id, Tanjung Redeb – Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah, mendorong Pemerintah Kabupaten Berau agar memaksimalkan potensi yang ada di Bumi Batiwakkal dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dijelaskan Sari -sapaan akrabnya- saat ini PAD Berau masih sangat bergantung pada sektor pertambangan, sekitar 65 persen dari total PAD saat ini. Selain sektor pertambangan, sektor perkebunan memberikan kontribusi sekitar 10 persen.

Karena itu, ia mendorong agar memaksimalkan potensi lainnya, yakni perkebunan dan pertanian.

“Kita mempunyai lahan yang luas di sektor perkebunan dan pertanian. Makanya pemkab perlu menggali potensi perkebunan dan pertanian agar bisa mandiri dan tidak bergantung sepenuhnya pada sektor pertambangan,” ucapnya, beberapa waktu lalu.

Selain pertanian dan perkebunan, pariwisata juga bisa menjadi sektor andalan untuk meningkatkan PAD.

Dikatakan Sari, pemanfaatan sektor pariwisata untuk meningkatkan PAD Berau masih sangat minim, sehingga perlu ditingkatkan. Karena Berau sebagai daerah yang memiliki potensi pariwisata terbesar di Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk mendukung hal itu, perlu meningkatkan sarana dan prasarana untuk akses jalan ke wisata dan memiliki fasilitas yang bersih dan indah. Seperti sapta pesona agar bisa menarik para wisatawan lokal maupun luar daerah.

“Hal itu bisa menarik para wisatawan yang datang dan kembali Berau, membawa keluarga bahkan teman-temannya ke Berau,” kata politikus Partai Golkar ini.

Dirinya menyebut Pemkab Berau harus menggandeng seluruh stakeholder terkait disektor pariwisata. Seperti perhotelan dan restoran dan penerbangan.

Apalagi saat ini upaya mendatangkan pesawat berukuran besar agar harga tiket pesawat bisa turun dan relatif lebih murah sudah terjawab.

“Saya harap potensi pariwisata di Kabupaten Berau dapat menjadi salah satu sumber terbesar dalam meningkatkan PAD Berau, karena Kabupaten Berau memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata,” pungkasnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel