Follow kami di google berita

Disdik Berau Adakan Diklat Guru Pembina Kompetensi Sains Nasional Bidang IPS

A-News.id, Berau – Dalam rangka mempersiapkan anak didik untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digalakkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Senin (11/10) mengadakan Diklat Training of Trainer (TOT) Guru Pembina Kompetensi Sains Nasional Bidang Studi IPS Jenjang SMP/MTs Tahun 2021 di Gedung Disdik Berau Tanjung Redeb, yang dibuka oleh Sekretaris Disdik Berau, DR. H. Suprapto, M.Pd didampingi Kabid Pembinaan SMP, Adang Salik dan Jumeiri.

Menurut Adang , Senin, 11/10/2021 bahwa kegiatan diklat ini akan berlangsung selama 4 hari dengan peserta diklat terdiri dari sekitar 100 guru di Kabupaten Berau, secara langsung maupun melalui video conference yang diikuti sekitar 30 peserta dari tempat masing-masing.

Diklat ini bekerjasama dengan CV Edukasi Mitra Insani (Emilogi) Bandung yang membantu tenaga pelatihnya.

Dalam sambutan Suprapto antara lain mengatakan bahwa kegiatan diklat ini bukan yang pertama karena sebelumnya, diklat semacam ini sudah pernah dilakukan seperti untuk mata pelajaran IPA, dan kali ini gilirannya mata pelajaran IPS.

“Ini gilirannya IPS, ya memang posisi kita agak terlambat tapi tidak ada salahnya, memang idealnya seharusnya pelaksanaannya seblum lomba kemarin atau sebelum pelaksanaan KSN kemaren, tapi gak apa-apa karena pembinaan itu harus berkelanjutan. Jadi setelah kita mengikuti kemaren, kita evaluasi dimana kekurangannya, Nah saat inilah tentu tahu kekurangannya dimana, ke depan kita berharap tahun depan paling tidak kita sudah siap untuk anak-anak kita sehingga berharap prestasinya untuk tahun-tahun mendatang prestasinya lebih meningkat,” ujar Suprapto.

Pelaksanaan diklat ini, tambah Suprapto, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa yang nantinya akan mendapatkan pembekalan dalam mengikuti KSN, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Suprapto berharap para pembina mempersiapkan anak-abak didik di Kabupaten Berau untuk mengikuti KSN.

Suprapto menjelaskan kegiatan KSN dulunya OSN, sekarang dalam perjalannya dengan perubahan kebijakan Kemindikbud sekarang pelaksanaan KSN ini di bawah Lembaga Pusat Prestasi Nasional yang langsung di bawah Sekjen Kemendikbud, kalau dulu di bidang-bidang.

“Tentu ini adalah upaya pembinaan prestasi anak-anak, maka sesungguhnya kegiatan KSN ini tidak semata-mata untuk mengejar prestasi, tapi yang lebih penting juga pembinaan karakter, melalui KSN juga memupuk karakter anak-anak kita,” tambahnya. (dit)

Bagikan

Subscribe to Our Channel