Dinkes Berau Upayakan Penambahan Jatah Vaksin Khusus Atlet Porprov

A-News.id, Tanjung Redeb – Wajib vaksin untuk para atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-7 Kalimantan Timur, membuat Dinas Kesehatan akan memantau ketersedian vaksin. Itu diakui Kepala Dinas Totoh Hermanto, Selasa (15/11/2022).

Sebab saat ini stok vaksin yang tersedia hanya ada 900 dosis. Itu disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, kemudian akan dibagi ke 19 puskemas yang ada di Kabupaten Berau denga peruntukkan kepada masyarakat umum.

Sedang untuk jatah ketersediaan khusus pada porprov mendatang Totoh menyebut, pihaknya masih menyurati ke pemprov Kaltim terkait penambahan dosis. Koordinasi tersebut juga sudah dilakukan oleh panitia besar porprov.

“Yang jelas kami di Berau cuma dapat segitu (900 dosis) saja, apakah nanti ada tambahan atau tidak saat porpov? yang pasti kita sudah surati ke sana (Pemprov Kaltim),” katanya.

“Mudahan ada tambahan lagi khusus untuk para atlet,” tambahnya.

Dengan jumlah stok dosis vaksin yang terbatas, atlet serta kontigen yang berada dari kabupaten/kota lain di Kaltim apabila belum vaksin ketiga (booster) diminta agar lebih dulu vaksin booster di daerah masing-masing.

“Jadi tidak dibebankan sepenuhnya ke Kabupaten Berau, karena semuanya dibebankan Berau maka beban kita juga berat karena jumlah stok vaksin yang terbatas tadi,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan, pada rapat koordinasi penanganan covid-19 di Kabupaten Berau di Balai Mufakat, Senin (7/11/2022) minggu lalu, salah satu yang menjadi keputusan adalah wajib vaksin booster bagi peserta maupun pendamping kontingen di pelaksaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-7 Kaltim.

Ketua PB Porprov VII Kaltim 2022, Sri Juniarsih mengatakan, hal itu menjadi penekanannya, setelah kasus Covid-19 di Kabupaten Berau kembali meningkat. Oleh karena itu, Sri Juniarsih tidak ingin mengambil risiko bagi masyarakat Berau, terutama bagi para atlet yang bertanding nanti. (mik)

Bagikan