Follow kami di google berita

Cerdas Cermat Bela Negara

A-News.id, Tanjung Redeb – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodim 0902 Berau gelar pertandingan cerdas cermat tingkat SMP. Kegiatan tersebut dipusatkan di gedung serba guna Busak Kananga, SMP 3 Tanjung Redeb, Jalan Mangga 2, Senin (25/7/2022).

Materi yang dipertandingan yakni pendidikan agama dan bela negara yang diikuti oleh 10 SMP sederat di empat kecamatan terdekat, Teluk Bayur, Tanjung Redeb, Sambaliung dan Gunung Tabur dengan total peserta sebanyak 60 orang.

Dandim 0902/Bru, Letkol Inf. Dony Fatra dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan lomba cerdas cermat tersebut sebagai ajang membangun dan menggelorakan semangat jiwa pendidikan, persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan mutu nilai keagamaan.

Melalui kegiatan ini pula, dikatakan perwira tersebut bisa memupuk serta membangun pondasi generasi pemuda yang maju dengan berlandaskan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Sebagai bangsa yang besar serta majemuk, berbagai latar belakang suka, agama dan budaya kita perlu bersama-sama mewujudkan semangat kesatuan bangsa Indonesia yang sudah digelorakan oleh para pendahulu kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan dan Kelembangan SMP Dinas Pendidikan Berau, Mustaring menilai pertandingan cerdas cermat yang diadakan Kodim 0902 Berau sangat bernilai positif untuk para anak didik yang masih duduk dibangku sekolah menengah pertama.

Kata perwakilan dari Dinas Pendidikan itu, melalui cerdas cermat tersebut, mampu mengasah kemampuan para murid untuk belajar terkait materi pembelajaran pendidikan agama dan pendidkan kewarganeraan. Terlebih di pasca pandemi covid-19 pertandingan semacam itu diakui sangat jarang diadakan.

“Tentu ini menjadi bagian daripada dukungan wadah bagi anak murid untuk mengasah kemampuan belajarnya,” katanya.

“Sehingga mudah-mudahan ke depan kegaiatan ini bisa terus ditingkatkan dari segi kualitas baik itu dari jumlah peserta maupun sekolahnya,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel