Bupati Berau Pantau Pelayanan di Kantor Disdukcapil Baru

ANews, Tanjung Redeb – Guna memantau pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan tetap berjalan dengan baik dan tertib, Bupati Berau Sri Juniarih bertandang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada, Rabu (7/7/2021).

Kehadiran Bupati tersebut, langsung disambut oleh Kepala Disdukcapil David Pamuji. Saat bertamu itu ada beberapa lokasi layanan yang dipantau diantaranya meliputi pojok baca, loket pengantaran dan pengambilan administrasi kependudukan hingga ruang tunggu.

Kepala Disdukcapil David Pamuji mengatakan, secara umum Bupati cukup mengapresiasi dengan kondisi pelayanan di kantor Capil tersebut. Hanya saja ada catatan lain yang menjadi koreksi Bupati ke pihak capil.

Salah satunya adalah, kesiapan petugas saat menghadapi warga baik yang mengurus administrasi secara manual maupun digital, serta perlu ada penambahan fasilitas lain dalam rangka menciptakan kenyamanan pengunjung.

“Bupati menyarankan dekorasi seperti tanaman hias di beberapa sudut ruangan supaya ada nuansa agar masyarakat bisa fresh, termasuk penataan taman,” kata David.

“Insya Allah saran-saran beliau kami tampung, mana yang bisa kami tangani secara langsung dan mana yang perlu kita usulkan terlebih dulu ke dinas PU,” tambahnya.

David Pamuji mengaku, terkait fasilitas yang belum ada di kantor baru Disdukcapil itu akan dilengkapi secara bertahap untuk ditindaklanjuti.

“Jadi Bupati harapkan orang yang datang kesini melihatnya ini bukan hanya sekedar kantor, tapi juga bisa menjadi tempat pelayanan administrasi yang nyaman,” kata David.

Di samping itu, terkait waktu pelayanan di tengah wabah pandemi covid-19, Disdukcapil punya strategi khusus agar tidak terjadinya lonjakan kunjungan warga yang disesuaikan dengan hasil rapat satgas kabupaten soal perpanjangan jadwal Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Untuk pelayanan tetap seperti biasa tapi ada penekan untuk pendisiplinan protokol kesehatan,” imbuhnya.

“Bagi warga yang berdomisili di empat kecamatan meliputi Teluk Bayur, Gunung Tabur, Tanjung Redeb dan Sambaliung tidak diperkenankan lagi untuk pengurusan berkas secara manual semua pelayanan online, kesini (Disdukcapil) hanya ngambil langsung pulang,” jelas David.

“Itu untuk mengurangi mobilitas masyarakat, tapi kalau ada yang dari Kecamatan jauh dan terlanjur datang kita toleransi untuk kita layani secara manual,” tutupnya.(mik)

Bagikan