Follow kami di google berita

Borneo Culture Magic Festival III Akan DIgelar Di Kaltim, Dispar Kaltim Nyatakan Siap Dukung Event Budaya Tersebut

(Foto: Suasana konfrensi pers Borneo Cultural MAgic Festival III Tahun 2023/Ist)
(Foto: Suasana konfrensi pers Borneo Cultural MAgic Festival III Tahun 2023/Ist)

Anews.id, Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah Borneo Cultural Magic Festival  III pada tahun 2023. Festival budaya se-Kalimantan ini diprakarsai oleh Majelis Dewan Adat Dayak Nasional (MADN), yang merupakan sebuah organisasi konfederasi adat Dayak. 

Diketahui, Borneo Cultural Magic Festival  sendiri merupakan agenda tahunan MADN yang pertama kali diadakan di TMII Jakarta pada tahun 2017. Kemudian tahun kedua diadakan di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) pada tahun 2018. Setelah pandemi dapat dicegah, pertimbangan penyelenggaraan festival tersebut. acara besar Festival Pesona Budaya Borneo III  tahun ini kembali digelar pada Juni 2023  di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pada kesempatan itu, kepala Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Kaltim, Ahmad Herwansyah menyatakan pihaknya mendukung penuh event budaya daerah ini.  

“Ini bisa menjadi event MICE unggulan di Kaltim. Karena menggabungkan kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran. Kami pasti akan mendukungnya,” Ungkapnya  saat menggelar konfrensi Promosi Borneo Cultural Magic Festival  2023 di Balai Sidang Sapta Pesona Lantai II Kantor Dispar Kaltim, Jumat (31/3/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Adat Dayak Kaltim (DAD) Martinus Usat mengatakan, Festival  Budaya Kalimantan Lumo III akan menampilkan budaya pedalaman Kalimantan. Tujuannya untuk mengangkat dan menonjolkan kearifan lokal di tingkat nasional. 

 “Ini sebagai bentuk dukungan MADN untuk mencanangkan Kalimantan Timur sebagai IKN. Apalagi festival di Kalimantan ini merupakan upaya bertindak dan berkarya untuk memajukan nusantara,” Ucap Martinus kepada awak media.

Nantinya, GOR Kadrie Oening Sempaja di Samarinda akan menjadi pusat program festival Budaya Kalimantan III.  Dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan  hadir untuk membuka acara tersebut. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh pemerintah provinsi  Kalimantan. Yakni sebagai tuan rumah Kalimanta Barat, Kalimanta Utara, Kalimanta Tengah, Kalimanta Selatan, dan Kalimanta Timur. Didukung oleh Badan  IKN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), PUPR, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi UMKM. Acara tersebut juga menampilkan suku Dayak Kalimantan, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri seperti  Sabah dan Sarawak, Malaysia. (Adv/Kominfo Kaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel