Follow kami di google berita

Berdayakan Masyarakat di Sekitar Objek Wisata

A-News.id, Tanjung Redeb – Anggota DPRD Berau, H Saga, mengapresiasi Pemkab Berau yang terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata.

Pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Berau, kata dia, harus dilakukan semaksimal mungkin. Sehingga akan memengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Batiwakkal.

“Kalau potensi-potensi yang ada dikelola maksimal, ini akan menarik wisatawan datang berkunjung,” katanya, belum lama ini.

Saga juga berharap agar pengembangan pariwisata turut memberdayakan masyarakat di mana objek wisata itu berada.

“Jika pengembangan pariwisata benar-benar ingin dilakukan, masyarakat yang berada di destinasi wisata juga diberdayakan,” ujarnya.

Saga menjelaskan, jika masyarakat di destinasi wisata diberdayakan, maka potensi yang dimiliki masyarakat juga dapat tergali, baik itu mengenai keterampilan maupun keahliannya.

“Kemudian dikembangkan, setelah itu dapat disajikan atau ditawarkan kepada setiap wisatawan yang berkunjung,” jelas Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Dia juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bergerak di sektor pariwisata untuk maksimal dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat di sekitar destinasi wisata. Misal pelatihan membuat cinderamata yang bisa dibawa pulang wisatawan.

“Bisa juga diberi pelatihan mengenai keamanan, kebersihan, dan keramahan terhadap wisatawan,” jelasnya.

Jika hal itu dilakukan, jumlah wisatawan yang datang tentu akan meningkat. Karena wisatawan akan merasa nyaman berwisata.

“Yang lebih penting lagi memberikan dampak pada perekonomian masyarakat kita,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel