Follow kami di google berita

Berau Zona Kuning, Dinkes Ingatkan Soal Ancaman Mutasi Genetik Virus Corona

A-News.id, Tanjung Redeb — Berau kembali zona kuning. Setelah ditemukan satu kasus aktif covid-19. Dinas Kesehatan Berau, ingatkan potensi lonjakan kasus masih ada. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi, satu kasus yang tercatat akan mengubah zonasi Berau.

Sebelumnya, Berau sudah berada di zona hijau. Namun, sekarang sudah menjadi zona kuning kembali. Hal itu dikarenakan, adanya temuan kasus covid-19. Pasien tersebut bukan merupakan pelaku perjalanan. Melainkan tertular dari sumber yang tidak diketahui.

Pasien itu berjenis kelamin perempuan, diketahui terpapar virus, pasca melahirkan.

“Itu orang melahirkan, di test hasilnya positif , CT valeunya sudah lebih dari 30, tidak ada gejala demam dan pilek . Masih dirawat karena partus atau melahirkan,” ujarnya.

Dikatakannya, tidak diketahui varian apa yang memapar pasien tersebut. Pasalnya sampel pemeriksaan tidak dikirim untuk diuji .

“Kita tidak tahu, apakah ini varian Hendra atau apa. Karena memang tidak dikirimkan sampelnya,” jelasnya.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya tiga daerah yang masih zona hijau. Yakni, Mahakam Ulu, Bontang dan Paser.

“Sisanya kuning. Semoga saja dalam waktu dekat kembali hijau,” harapnya.

Ditegaskannya, saat ini ancaman virus Corona masih tinggi. Apalagi, wabah itu masih berada disekitar kita.

“Mereka itu bermutasi, jadi harus berhati-hati. Meskipun sudah boleh buka masker, tapi kalau lagi ngumpul usahakan tetap pakai masker. Ancamannya masih ada, varian baru masih mungkin terjadi,” pungkasnya. (poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel