Follow kami di google berita

Tanah Kuning jadi Desa Wisata di Kaltara Peraih Juara Harapan ADWI 2023

A-News.id, Tanjung Selor –Desa wisata Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Bulungan, belum lama ini terpilih menjadi juara harapan kategori suvenir dimalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 di Teater Tanah Air Ku Taman Mini Indonesia (TMI) Jakarta Minggu (27/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kaltara Njau Anau membenarkan, terhadap pencapaian Desa Tanah Kuning meraih penghargaan kategori suvenir. Menurut Njau, keberhasilan tersebut memang harus dilakukan, terutama dalam mewujudkan desa wisata.

“ Hasil capaian mereka tentu mendapat penghargaan. Itu salah bentuk capaian yang mereka peroleh selama ini,” ujar Njau kepada A- News.Id melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (2/9).

Kemudian, dia juga berharap keberhasilan yang diraih dapat menjadi acuan bagi desa-desa wisata yang didorong pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan wisata yang ada di Kaltara.

Mengingat, keunggulan suatu desa wisata dalam pencapaian kemajuan pariwisata di Kaltara harus didasari destinasi –destinasi dan suvenir yang lebih maju dan inovatif.

Njau juga menyebutkan, kondisi pariwisata Kaltara mulai mengalami peningkatan dimulai dari banyaknya icon-icon wisata yang ada.

“ Apalagi disana ( Desa Tanah Kuning) itu agak unik. Saya melihat waktu kunjungan Kementrian ada salah satu icon yakni suvenir songkok yang jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” ujarnya.

Menurut dia, songkok jadi salah satu suvenir asal desa Tanah Kuning yang pembuatan nya sangat rumit namun masyarakat setempat bisa melalukannya sehingga bisa dikembangkan.

Dalam mencapai keberhasilan, masyarakat desa Tanah Kuning juga telah dibekali pelatihan dari Dinas Pariwisata Kaltara sebagai upaya pembinaan terhadap pengelolaan suvenir.

“Ya , kita berharap desa wisata bisa berperan aktif dalam menunjukan peran sebagai desa wisata yang menjadi basis wisata yang memiliki pondasi kuat dan harus banyak belajar mengembangkan sumber daya manusia (SDM) sehingga melahirkan ekonomi kreatif yang jadi sumber pendapatan masyarakat ,” pinta Njau.

Kemudian, pantauan media ini dimedia sosial milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dibanjiri ucapan dari penguna media sosial memberi apresiasi kepada Pemkab Bulungan khususnya desa wisata tanah kuning menerima penghargaan ADWI.

Anna, salah satunya mengakui bahwa di Tanah Kuning sendiri memiliki daya tarik yang sangat diminati masyarakat, seperti halnya wisata pantai yang ramai dikunjungi setiap akhir pekan.

Dia menilai dengan terpilih desa tanah kuning sebagai juara harapan kategori sovenir pariwisata yang ada di Bulungan sudah semakin baik.

Hal berbeda disampaikan Randosion yang menyebutkan, perkembangan wisata Bulungan dilihat hingga Nasional. Dia menilai dengan mulai dikenal hingga pusat, perlu ada pengembangan yang tidak hanya wisata saja. Melainkan, akses menuju kelokasi wisata juga harus diperhatikan.

“Kita berharap Pemkab Bulungan dan Pemprov dapat memperbaiki akses menuju kelokasi pantai tanah kuning karena masih belum maksimal,” pungkasnya. (*/Lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel