Follow kami di google berita

Wujudkan Kesejahteraan Anggota, Koperasi Diminta Aktif Manfaatkan Peluang

A-News.id, Tanjung Redeb – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tahun 2023, di halaman Kantor Bupati, Rabu (12/7/2023). Upacara peringatan Hari Koperasi Nasional Tahun 2023 dipimpin Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

Sri Juniarsih mengatakan koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat

“Agar terwujud kesejahteraan dalam anggota kelompoknya, diperlukan peran aktif koperasi dalam menyelenggarakan berbagai usaha,” ujar Sri Juniarsih saat menyampaikan sambutan.

Inti dari koperasi sebagai perusahaan yang dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa. Peran pemerintah daerah saat ini untuk memperhatikan terhadap pengembangan koperasi sektor riil.

“Guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Koperasi sektor riil juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan serta jasa pariwisata, ” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu potensi lain sekarang terbuka bagi koperasi adalah jasa keuangan. Usaha ini terbuka karena Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Koperasi bisa menjalankan usaha perbankan, perasuransian hingga program pensiun.

Dengan adanya pembaruan undang-undang, koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan segmen semakin luas, semakin besar dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar.

“Berbagai isu strategis telah dimuat dalam RUU tersebut. Seperti pembaruan ketentuan modal koperasi dan lapangan usaha koperasi berdasarkan klasifikasi baku lapangan usaha,” tandasnya. (ADV/eko)

Bagikan

Subscribe to Our Channel