Follow kami di google berita

Wisma Atlet Bisa Jadi Sumber PAD

A-news.id, Tanjung Batu — Wisma Atlet di Tanjung Batu kini terlihat seperti tidak terurus dengan baik. Padahal jika dimaksimalkan, wisma atlet tersebut dapat memberikan manfaat bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Berau, H Sa’ga. Menurutnya wisma atlet tersebut telah didorong menjadi salah satu sumber PAD Berau namun saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

Dikatakannya, bangunan tersebut dapat dijadikan penhinapan atau bangunan yang disewakan dengan harga yang sewajarnya.

“Sebab, ada anggaran yang besar dari kantong APBD Berau saat pembangunan,” ujarnya.

Diketahui, bangunan wisma atlet itu dibangun 2007 silam dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008. Dengan sumber anggaran sharing antara APBN dan APBD kabupaten.

Mengingat Tanjung Batu sebagai pintu masuk wisatawan saat hendak liburan, tentu bangunan ini telah berada di wilayah yang strategis.

Bangunan tersebut jika dikelola dengan baik akan menghasilkan, dirinya juga sudah pernah mengunjungi bangunan itu dan melihat ada bagian yang perlu dilakukan perbaikan.

“Perlu penanganan perbaikan dan dipoles. Sayang kalau tidak digunakan,” tuturnya.

Ia mencontohkan, calon wisatawan yang datang berkunjung bisa saja menginap di Tanjung Batu karena kemalaman untuk menyeberang ke Derawan, Maratua dan pulau lainnya. Atau sebaliknya, ada wisatawan yang kemalaman dari pulau-pulau wisata bisa beristirahat di Tanjung batu.

Pengelolaan banguann bisa saja dikelola oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait atau juga oleh Badan usaha MIlik kampung, tergantung dengan kebijakan pemerintah daerah. Namun Sa’ga menyarankan dikelola langsung oleh pemerintah daerah. Informasinya, bangunan itu sempat dimanfaatkan untuk pegawai pemerintah yang bertugas di Tanjung Batu dengan kewajiban menyetor Rp 350 ribu perbulan ke kas daerah. (Yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel