Follow kami di google berita

Wisata Berkelanjutan Bawa Dampak Ekonomi

A-News.id, Berau — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengadakan pelatihan untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pelatihan tersebut bertema “Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah daerah dalam perencanaan pariwisata berkelanjutan, khususnya dalam dukungan terciptanya keterpaduan atnar sektor”, yang diselenggarakan oleh Yayasan Ekowisata Indonesia (Indecon), di Hotel Bumi Segah, Selasa (17/5/2022).

Bupati Berau melalui Asisten 1 Setkab Berau, Hendratno, menyampaikan bahwa setiap baik itu OPD Pemkab Berau, kelompok pengelola pariwisata, pelaku wisata, LSM seta pihak terkait harus mampu bekerjasama untuk menyukseskan pengembangan pariwisata.

“Pada suatu daerah sangat ditentukan oleh kerja bersama dari para pemangku kepetingan, oleh karena itu, keterpanduan sangat diperlukan juga dalam membangun pariwisata baik itu dalam lingkup pemerintahan maupun program turunan dari lembaga lain.” ungkapnya.

Namun di Kabupaten Berau pengembangan sektor pariwisata hingga kini masih menghadapi sejumlah tantangan yaitu keterbatasan sarana prasarana yang paling sering dihadapi.

“Akan tetapi permasalahan utamanya terletak pada sumber daya manusia yang masih perlu ditingkatkan kapasitasnya agar dapat membangun kepariwisataan yang berkelanjutan, berdaya saing dan saling padu di tataran lintas sektor.” lanjutnya.

Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari kegiatan Lokakarya pariwisata berkelanjutan dan focus group discussion standar perjalanan ekowisata Berau yang telah terselenggara pada 25 Januari 2022 lalu.

“Mari kita bersama-sama memberikan kotribusi terbaik terhadap pembangunan pariwisata Kabupaten Berau demi kemajuan dan kesejateraan masyarakat Bumi Batiwakkal tercinta,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Indecon, Ary S Suhandi juga sangat mengapresiasi pertemuan yang dilaksanakan pada hari ini, hal ini menurutnya merupakan hasil diskusi dengan Pemda Berau agar dapat menyamakan presepsi pariwisata berkelanjutan.

“Dan saya rasa petemuan ini penting,” jelasnya.

Ary menjelaskan pihaknya telah memiliki inisiatif baru pada tingkat nasional yaitu lembaga tourisme dan diharapkannya Kabupaten Berau mendapat bagian dalam hal ini.

“Karena menurut saya Kabupaten Berau adalah salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam dan juga kawasan koservasi, sehingga ini sangat ocock utnuk bisa kita angkat, ke depan Berau harus ikut ambil bagian sehingga kita bisa masuk dalam kacah internasional,” tandasnya. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel