Follow kami di google berita

Wisata Air Terjun Tambalang Sudah Kembali Dibuka

A-News.id, Segah – Wisata alam Air Terjun Tambalang yang terletak di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah sudah dibuka kembali untuk umum dari tanggal 25 Desember 2021 lalu. Meskipun begitu, terkait gairah pengunjung terpantau masih senggang oleh pihak pengelola, Rabu (12/1/2022).

Dari rekapan jumlah kunjungan sejak dibuka akhir tahun 2021 tersebut, Mulyono selaku pengelola wisata Air Terjun Tambalang menyebut, secara berturut-turut jumlah pengunjung yang datang mengalami peningkatan dari 8 hingga 74 orang.

“Pembukaan kembali wisata ini sudah kita informasikan ke tiap pengunjung yang datang melalui pesan singkat ataupun pengumuman melalui media sosial,” katanya.

Meski terbilang gairah kunjungan wisatawan sudah mulai banyak, akan tetapi Mulyono mengaku kalau kenaikan tersebut belum begitu signifikan. Ia menduga banyak faktor yang menjadi pengaruh, satu diantaranya adalah sugesti masyarakat yang masih terhantui dengan COVID-19 sehingganya banyak yang mengurungkan niatnya untuk pergi berlibur.

“Padahal kalau bisa dikata antara tambalang dengan wisata lain seperti misal wisata pantai itu kan lokasinya cukup jauh, tapi ya mungkin karena masyarakat masih takut dengan penularan COVID-19 makanya kunjungan belum terlalu naik drastis,” tuturnya.

Ditambah terkait akses ke wisata air terjun ini diakui pengelola sudah aman, baik yang melalui jalur sungai dengan transportasi perahu motor (ketinting) maupun melalui jalur setapak dari dalam hutan karena beberapa akses seperti jembatan kayu yang ada sudah diperbaiki sehingga aman dan nyaman untuk dilalui wisatawan.

Strategi yang dilakukan Mulyono bersama dengan rekan pengelola lain untuk menarik minat pengunjung adalah dengan membuat berbagai wahana baru seperti ayunan, wadah bersantai serta spot foto yang indah.

“Kedepannya kita rencanakan buat jembatan di area pemandian sehingga menambah spot foto yang mengarah ke Air Terjun Tambalang,” tambah Mulyono.

Terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata, pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan di pintu masuk, kemudian pengunjung juga akan diukur suhu tubuhnya.

“Kita juga antisipasi pengunjung yang datang dari luar Berau dengan menanyakan terkait kartu vaksinnya, sudah divaksin atau belum? Pokoknya itu semua tidak luput dari prosedur saaat masuk ke lokasi wisata,” tandasnya.(mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel