Follow kami di google berita

PT Berau Coal dan Mitra Kerja Bersama-sama Meriahkan Mubes Kung Kemul ke-V sebagai Upaya Melestarikan Adat dan Budaya

A-News.id, Tanjung Redeb – PT Berau Coal dan mitra kerjanya PT Bukit Makmur Mandiri Utama dan PT Pamapersada Nusantara, turut serta berkontribusi dalam memeriahkan Musyawarah Besar (Mubes) Kung Kemul ke-V se Kalimantan yang berlangsung di Kampung Long Lanuk, Kecamatan Sambaliung, pada Selasa (18/7).

Acara ini menjadi perwujudan tema “Eksistensi Rumpun Kung Kemul dalam Memperkuat Persekutuan Serta Mempertahankan Warisan Budaya dan Adat Istiadat” yang berlangsung sangat meriah. Kehadiran Mubes ini diikuti oleh keluarga dan rumpun Dayak Kung Kemul dari berbagai wilayah di Kalimantan.

PJ Sekda Agus Wahyudi, atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, menyampaikan selamat atas terselenggaranya Mubes tersebut yang dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di Kalimantan. Kabupaten Berau merasa terhormat karena Kampung Long Lanuk terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Mubes.

“Besar harapan saya, Mubes ini dapat menjadi ajang penguat persaudaraan antar warga Dayak Kung Kemul. Terutama dalam upaya merawat persatuan dan kesatuan, di atas keberagaman suku dan budaya di Kalimantan, khususnya di Berau,” ujar Agus.

Dia juga memberikan pesan kepada masyarakat Dayak, terutama Kung Kemul, untuk terus menjalin sinergi dengan pemerintah daerah. Hal ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) serta mendorong partisipasi masyarakat, terutama di basis-basis masyarakat adat.

“Organisasi ini dapat menjadi rumah bagi segenap masyarakat Dayak Kung Kemul, yang dapat memfasilitasi seluruh aspirasi dari masyarakat Dayak Kung Kemul,” tambahnya.

Selama acara Mubes, dilakukan pemilihan pengurus Kung Kemul Kalimantan. Agus berpesan kepada pengurus agar memiliki jiwa kepemimpinan yang handal, mampu bekerja secara kolaboratif, menjalin kekompakan, dan saling memberi dukungan. Hal ini penting agar organisasi menjadi solid dan mampu mewujudkan cita-cita yang diharapkan.

Agus berharap bahwa kolaborasi antar kebudayaan dapat terus diperluas di masa depan. Proses saling belajar antar kebudayaan harus menjadi nilai tambah bagi masyarakat Kalimantan yang beragam.

“Dengan demikian, iklim toleransi harus tetap kita rawat, sehingga kehidupan yang rukun, aman, dan sejahtera, akan dapat kita wujudkan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi dukungan dari pihak ketiga, khususnya Berau Coal dan mitra kerjanya, yang turut serta dalam memastikan suksesnya Mubes ke-V Kung Kemul di Long Lanuk.

“Semoga dukungan dan sinergi ini dapat terus dilakukan dalam rangka pengembangan sosial budaya di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Cahyo Andrianto, General Manager Operation Support & Relations, menyampaikan bahwa Mubes ke-V Kung Kemul se Kalimantan di Kampung Long Lanuk adalah sebuah kegiatan yang sangat baik dan perlu mendapat dukungan penuh. Selain menjadi dalam pelestarian adat dan persatuan dalam keberagaman di Kalimantan, acara ini juga berdampak positif pada pengembangan Kampung Long Lanuk sebagai bagian dari dampingan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal.

Lebih lanjut, Mubes Kung Kemul menjadi acara sosial budaya yang memberikan dampak positif pada sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Berau, terutama di Kampung Long Lanuk. Oleh karena itu, Berau Coal turut serta mendukung kesuksesan acara ini.

“Berau Coal dan mitra kerjanya berpartisipasi dalam memastikan suksesnya acara Kung Kemul ini. Ini adalah salah satu acara yang harus didukung untuk pelestarian budaya,” katanya.

Sebelumnya, di Kampung Tumbit Dayak, Sambaliung, Berau Coal dan mitra kerjanya juga mendukung acara pesta adat yakni Bekudung Betiung.

“Kami akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Berau,” tambahnya.

Kepala Kampung Long Lanuk, Soleiman menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Berau Coal serta seluruh pihak yang mendukung suksesnya Mubes Kung Kemul ke-V di Kampung Long Lanuk.

“Mewakili pemerintah kampung, seluruh panitia, dan warga kung kemul, menyampaikan terima kasih kepada PT Berau Coal dan mitranya PT BUMA dan PT PAMA yang membantu mensukseskan kegiatan ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan yang berlokasi di Kampung Long Lanuk ini bisa memberi dampak yang signifikan terkait pembangunan fisik maupun non fisik di kampungnya. Apalagi, dampak tersebut bisa meningkatkan gairah semangat anak-anak muda terkait melihat budaya sebagai suatu hal yang harus terlestarikan.

“Kita harap, kegiatan ini bisa membangkitkan kepedulian pemuda pemudi tentang pentingnya menjaga adat dan kebudayaan yang kita miliki sehingga terus lestari,” ungkapnya.

Ketua Kung Kemul Kabupaten Berau, Edwin Sofyan, menjelaskan bahwa Mubes Kung Kemul merupakan ajang silaturahmi untuk menyatukan keluarga serumpun yang sebelumnya tidak saling kenal dari berbagai daerah di Kalimantan.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali untuk menentukan pengurus Kung Kemul Kalimantan. Selain pemilihan pengurus, acara ini juga bertujuan untuk merumuskan program kerja Kung Kemul agar dapat terus berkembang ke depan, terutama dalam pembangunan kebudayaan dan peningkatan sumber daya. Edwin juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada perusahaan yang telah membantu.

“Kami ingin berperan aktif dalam memastikan pembangunan IKN di Kaltim, karena kami merupakan salah satu suku asli dan tidak ingin menjadi penonton, melainkan turut serta dalam progres pembangunan IKN,” jelasnya.

“Terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Berau Coal, BUMA, dan PAMA yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” sambungnya.

Acara Mubes berlangsung selama 3 hari. Edwin berharap bahwa momen ini dapat menjadi landasan dalam membantu Pemerintah Kabupaten Berau menjaga ketertiban dan keamanan di Bumi Batiwakkal.

Ia juga menjelaskan bahwa Mubes ini dihadiri oleh keluarga Kung Kemul dari berbagai daerah, tidak hanya dari Berau saja, melainkan juga dari Kutai Timur, Kutai Barat, Kalimantan Utara, dan beberapa daerah lainnya.

“Laporan panitia mencatat bahwa ada lebih dari 1.000 keluarga Kung Kemul yang hadir,” terangnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel