Follow kami di google berita

Uji Coba Bubur Aspal Emulsi ‘Slurry Seal’

A-News.id, Berau — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menggelar uji coba penggunaan bubur aspal emulsi (Slurry Seal) di Jalan Pulau Derawan Tanjung Redeb, Kamis (30/12/2021) pagi tadi.

“Di Kabupaten Berau, teknologi Slurry seal ini telah digunakan untuk pemeliharaan Jalan Usiran Tanjung Batu sepanjang 5 kilometer. Dengan biaya Rp 100.000 per meter persegi,” ujar Kepala Dinas PUPR Berau Taupan Madjid.

Menurutnya, teknologi ini dapat mempercepat pengaspalan serta ramah lingkungan. Hanya dalam waktu dua jam aspal sudah dapat digunakan.

Melihat kondisi jalan yang ada di Kabupaten Berau banyak sekali yang sudah haus dan rawan kecelakaan, sehingga dengan metode pengaspalan menggunakan teknologi Slurry Seal bisa menghembat biaya dari pada metode yang lain.

“Slurry seal ini produk preventif pemeliharaan, fungsinya untuk menutupi lapisan permukaan jalan menyebabkan kondisi jalan lebih stabil dan kekuatan aspal asli tetap sama,” ungkapnya.

Taupan juga menuturkan, teknologi Slurry seal ini dapat digunakan untuk pemeliharaan jalan Dengan ketebalan maksimal satu sentimeter, sehingga Slurry seal ini bisa menjadi pengganti aspal hotmix.

“Biaya juga murah dan cepat estimasi jalan satu kilometer dan lebar tiga meter, biayanya Rp 300 juta. Namun ini hanya bisa maksimal digunakan untuk badan jalan masih bagus. Jika memang ada bolong atau menurun, maka ditambal dulu kemudian masuk, Slurry seal ini Intinya untuk memuluskan jalan dalam kota,” tutupnya. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel