Follow kami di google berita

TPI Tanjung Batu Bakal Dorong PAD Berau

A-News.id, Tanjung Batu — Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau akan segera memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pembangunan TPI tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga, menyambut baik pembangunan TPI tersebut. Namun, dia juga mendorong Dinas Perikanan (Diskan) Berau untuk mengontrol produksi ikan di TPI tersebut.

Saga mengungkapkan, produktivitas ikan di Tanjung Batu saat ini tidak terkontrol dengan baik. Pasalnya, para nelayan langsung menjual hasil tangkapannya ke pengepul. Hal ini tentu merugikan pemerintah daerah dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Karena para nelayan tidak lapor hasil produksinya, melainkan langsung menjualnya ke pengepul,” jelasnya.

Saga menjelaskan, selama ini para pengepul memiliki pos-pos tersendiri di Tanjung Batu. Hal ini membuat Diskan Berau sulit untuk memantau hasil tangkapan ikan.

“Diskan Berau harus membuat inovasi untuk mengontrol hasil produksi nelayan di perairan Pulau Derawan dan sekitarnya,” tegas Saga.

Saga berharap, TPI Tanjung Batu dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan PAD Berau. Selain itu, TPI tersebut juga dapat membantu para nelayan untuk memasarkan hasil tangkapannya secara lebih luas.

Bagikan

Subscribe to Our Channel