Follow kami di google berita

Hari Sumpah Pemuda 2023, Bupati Berau Ajak Pemuda Kuasai Teknologi Majukan Indonesia

A-News.id, Tanjung Redeb — Pemerintah Kabupaten Berau menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95. Kegiatan ini digelar di Halaman Kantor Bupati Berau, Jalan APT Pranoto 1 Tanjung Redeb, Sabtu (28/10/2023) pagi tadi.

Bupati Berau, Sri Juniarsih bertindak selaku pembina upacara, pemimpin upacara oleh Gurgurius, perwira upcara Muhammad Alfian, Pembaca Teks UUD 1945 oleh Andi Muhammad Yunus dan Pembacara Teks Kongres Pemuda oleh Jogras.

Upacara ini turut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Berau, Pimpinan Organisasi Wanita, Organisasi Kepemudaan serta organisasi, forum dan undangan lainnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih melalui sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI,  Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang dibacakannya, kembali mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

“Hal tersebut yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” ucap Sri Juniarsih.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia menyimbolkan kolaborasi dan warna warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

“Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda- pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama,” ujarnya.

Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

“Tetapi semua itu, lanjut Sri Juniarsih, bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” sebutnya.

Disisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi.

“Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” ujarnya.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.  Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong

Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain.

“Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Marilah kita jadikan momentum ini untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” tutupnya.

Di akhir Upacara Hari Sumpah Pemuda, Bupati Berau, Sri Juniarsih, menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba LKBB Ke VII tingkat Kabupaten Berau, penyerahan beasiswa bagi keluarga tidak mampu dan siswa berprestasi, penyerahan bantuan laptop, penyerahan piala pentas seni juara 2 jambore pemuda daerah se-Kaltim, penyerahan bantuan kendaraan roda dua dan ditutup dengan foto bersama. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel