Follow kami di google berita

TPA Tanjung Batu Kurang Layak

A-news.id, Tanjung Batu — TPA di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan dalam kondisi tidak layak. Hal ini dikatakan Ketua Komisi III DPRD Berau.

Saga menuturkan, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Tanjung Batu saat ini masih berstatus pinjam pakai dari pihak perusahaan.

“Dengan lahan TPA yang saat ini, perlu lahan pengganti sekarang untuk lokasi pengganti TPA,” ungkapnya.

Menurut informasi yang dirinya terima, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau mengatakan TPA yang berada di Tanjung Batu saat ini tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.

“Karena lahan ini berkaitan dengan hutan bakau,” tuturnya.

Dirinya berharap agar instansi terkait khususnya Dinas Pertanahan dapat memberikan pembebasan lahan, sebab DLHK Berau sudah tidak dapat merekomendasikan TPA saat ini.

“Saya sudah mencoba usulkan di APBD murni, tetapi belum direalisasikan mungkin karena banyak program-program lain yang dianggap lebih prioritas,” katanya.

Saga menambahkan, usulan yang disampaikan dirinya bukan tanpa alasan, tetapi demi menyelesaikan permasalahan TPA yang ada di Tanjung Batu.

“Karena Kecamatan Pulau Derawan adalah kawasan wisata, bila sampah berserakan tentu akan memiliki dampak negatif lainnya,” ujarnya.

Ditegaskannya agar pembebasan lahan menjadi perhatian serius pemerintah karena dikhawatirkan dapat mencemari perairan dan lingkungan sekitarnya.

“Lahan sudah siap tinggal pembayarannya, masyarakat siap menyediakan berapapun luasan lahan yang dibutuhkan, yang penting ada dana ganti ruginya,” pungkasnya. (adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel