Follow kami di google berita

Asqa Asal Berau Raih Medali Perak Catur Cepat POPDA XVI 2022 di Paser

Asqa (Sebelah kanan baju bewarna biru)

A-News.id, Paser – Tim Catur Berau berhasil meraih medali perak pada nomor tanding Catur Cepat Putra di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XVI Kaltim di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Berau, sekaligus pendamping para atlet catur, Fitrial Noor mengatakan, atlet catur putra yang meraih perak yaitu Bernama Al Asqalani, Asqa juga merupakan atlet catur yang berhasil mendapatkan juara 1 pada turnamen Bupati Berau Cup 2022 yang dilaksanakan oleh Percasi Berau beberapa waktu lalu.

“Asqa siswa kelas 6 SDN 008 Tanjung Redeb, dirinya berhasil meraih perak,” ujarnya.

Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, menurut Pipit sapaan akrabnya, pada nomor tanding catur kilat putra putri, Berau berhasil menempatkan dua atlet pada peringkat 4. Atlet tersebut bernama Alwi berasal dari SMPN 2 Tanjung Redeb dan Mylove siswi berasal dari SMPN 1 Tanjung Redeb..

“Mereka hampir meraih medali, tetapi saat babak terakhir kurang beruntung,” bebernya.

Lanjutnya, pada tanggal 27 Oktober 2022 kemarin, sebanyak 5 atlet diturunkan pada nomor tanding catur klasik. Diharapkan dapat meraih prestasi seperti yang diraih oleh atlet catur Berau pada nomor tanding catur cepat.

“Tentu hal ini tak terlepas dari pembinaan Percasi Berau secara terus menerus dan tidak serta merta ada tanpa adanya proses pembinaan yang telah dilakukan,” bebernya.

Dengan keberhasilan ini dapat membuktikan bahwa banyak atlet catur di Berau yang memiliki keahlian mumpuni. Dengan begitu para atlet catur tersebut dapat bersaing kejenjang yang lebih tinggi kedepannya.

“Baik itu tingkat Provinsi maupun Nasional dan internasional,” ungkapnya.

“Juara Popda ini akan menjadi pertimbangan juga untuk berlaga  pada Kejurnas catur junior yang akan berlangsung pada November mendatang di Jakarta,” pungkasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel