Follow kami di google berita

UAS DENGAN PROKES COVID-19

ANEWS, Berau – Sebagian besar Sekolah Dasar di Kabupaten Berau sudah mulai menggelar Ujian Akhir Sekolah (UAS). Diantaranya ada yang melaksanakannya dengan tatap muka seperti yang dilakukan oleh SDN 002 Gunung Tabur, Senin (19/4/2021).

Pihak sekolah berani menggelar ujian akhir secara tatap muka saat sebelumnya sudah melakukan kesepakatan bersama dengan wali murid kelas 6 dan tim satgas Kecamatan. Catatannya adalah sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan selama ujian berlangsung.

“Seratus persen sepakat untuk melaksanakan tatap muka, sehingga kami satuan pendidikan sesuai dengan pernyataan orang tua maka kami akan laksanakan (UAS dengan tatap muka),” ucap Plt. Kepala SDN 002 Gunung Tabur Rusliansyah.

Rusliansyah menuturkan, sebelum masuk kelas, anak murid akan melewati berbagai prosedur terlebih dahulu diawali dengan pemeriksaan suhu badan dan kemudian dianjurkan untuk mencuci tangan. Di dalam kelas setiap murid wajib menggunakan masker.

“Kemudian dalam hal pelaksanaan ini anak-anak tidak kita istirahatkan (di luar kelas) supaya menghindari dari kerumunan. Begitu selesai ujian mereka harus pulang dan harus dijemput oleh orang tuanya,” tuturnya.

Untuk penerapan jaga jarak, masing-masing kelas hanya diisi oleh 7 sampai dengan 10 orang siswa.

“Kelihatannya juga ujian secara tatap muka ini maksimal dibanding melalui daring. Karena selama mungkin sudah satu tahun anak-anak ini terkendala dengan masalah jaringan internet, tentu pelayanan kita tidak maksimal,” kata Rusliansyah.

“Bagi sekolah yang full jaringannya itu ya mungkin bisa melaksanakan melalui daring, tapi kalau sekolah kita ini maklum saja muridnya juga jauh-jauh. Nah itu yang menjadi pertimbangan kita bersama orang tua,” tambahnya.

Wali Murid Ahmad yang dijumpai di lokasi menyambut baik dengan langkah yang diambil oleh pihak sekolah.

“Yang mana baiknya aja, kita wali murid intinya setuju dan sepakat dengan belajar tatap muka ini walaupun dengan catatan wajib menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sesuai jadwalnya, pelaksanaan UAS tersebut akan berlangsung selama 5 hari, yakni dimulai sejak Senin, 19 April sampai dengan Jumat 23 April 2021.(mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel