Follow kami di google berita

Tingkatkan Kesadaran Warga untuk Update Data Kependudukan, Disdukcapil Gelar Sosialisasi dan Konsultasi

ANews, Tanjung Redeb – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Berau laksanakan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan konsultasi publik standar pelayanan tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Sosialiasi tersebut, digelar di pendopo kecamatan dengan dihadiri oleh 10 Kepala Kampung yang tersebar se Kecamatan Gunung Tabur, Senin (6/9/2021).

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji menuturkan, pelaksanaan kegiatan itu untuk mengoptimalkan pengertian terkait kepengurusan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Hal tersebut, karena dari pemantauannya masih banyak masyarakat yang kurang mengerti untuk mengurus administrasi kependudukannya. Terlebih, saat ini Disdukcapil kini juga sudah menerbitkan pelayanan berbasis online.

“Kita berikan sosialisasi ini kepada aparatur kampung agar mereka tidak perlu harus datang secara langsung ke kantor capil, tapi bisa ke petugas register yang ada di kampung masing-masing,” ujarnya.

“Minimal mereka sudah menerima informasi yang jelas terkait persyaratan kepengurusan administrasi kependudukan itu,” kata David.

Tujuannya kata David adalah untuk meminimalisir miskomunikasi antara informasi yang disampaikan oleh aparatur kampung dengan petugas Disdukcapil dalam hal pemenuhan persyaratan berkas.

“Sehingga kita harapkan cukup aparatur kampung masing-masing dapat menjadi corong publikasi ke masyarakat,” ujar David.

“Masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya dan waktu yang banyak untuk ke bertemu petugas capil di Tanjung Redeb,” tambahnya.

Di sisi lain, David mengaku, jika kendala untuk yang kerap dialami yakni masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan administrasi kependudukannya.

“Kuncinya kesadaran masyarakat, hari ini kesadaran masyarakat masih kurang terkait mereka untuk mengupdate data,” ungkapnya.

“Dengan adanya kondisi seperti itu melalui sosialisasi seperti ini sampai dengan di tingkat petugas resgister permasalahan-permasalahan yang seperti itu bisa diselesaikan,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel