Follow kami di google berita

Tingkatkan Kemajuan Pariwisata Berau, PT Berau Coal Sokong Total Hadiah Setengah Miliar Untuk 4 Kampung

A-News.id, TANJUNG REDEB – Upaya untuk memajukan potensi pariwisata mendapat dukungan dari segala lini. Salah satunya adalah PT Berau Coal.

PT Berau Coal memberikan hadiah total sebesar Rp 500 Juta untuk empat kampung yang terpilih, yakni Kampung samburakat, Kampung Pulau Besing, Kampung Merasa dan Kampung Sukan Tengah.

Community Development Manager PT Berau Coal, Hikmawaty mengatakan, Program kampung wisata PT Berau Coal dimulai sejak bulan Juli 2022 lalu. Program tersebut merupakan kombinasi antara ekonomi, sosial dan budaya.

“Ada 10 kampung yang mengajukan proposalnya kepada kami lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau. PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau menilai konsep kampung wisata dan yang mempunyai inovasi terbaik terpilihlah empat kampung, yakni Kampung samburakat, Kampung Pulau Besing, Kampung Merasa dan Kampung Sukan Tengah,” ungkap Hikmawaty, Minggu (18/9/22).

 

Selanjutnya, keempat kampung tersebut akan mendapatkan dukungan berupa material yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata. Termasuk didalamnya pelatihan dan pendampingan.

“Selain material, bantuan tersebut juga termasuk pelatihan dan pendampingan dalam mendukung kemajuan kampung pariwisata,” katanya.

Hikmawaty berharap, melalui bantuan tersebut bisa menjadi daya ungkit untuk pengembangan program kampung wisata dan pada akhirnya berdampak pada tercapainya kampung mandiri.

“Semoga bisa bermanfaat dalam pengembangan kamping wisata, dan tercapai lah menjadi kampung yang mandiri kedepannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DIsbudpar) Berau, Ilyas Natsir menuturkan, program kampung wisata merupakan bentuk perhatian PT Berau Coal untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau. Dengan menyeleksi sekian banyak kampung hingga terpilih empat kampung wisata.

“Empat kampung tersebut mendapatkan hadiah total senilai Rp500 Juta. Setiap kampungnya mendapatkan Rp 100 Juta dalam bentu prasarana dan 25 Juta digunakan untuk program pendampingan. Bentuknya bukan uang tunai, namun apabila nanti ingin membangun suatu fasilitas pendukung pariwisata,” ungkap Ilyas.

Dirinya berharap, PT Berau Coal akan lebih memberikan perhatiannya kepada sektor kebudayaan dan pariwisaya di Kabupaten Berau. Tentunya agar kampung wisata yang ada dapat memiliki lebih banyak fasilitas pendukung untuk pariwisata di kampungnya.

“Selamat kepada empat kampung yang terpilih, yaitu Kampung samburakat, Kampung Pulau Besing, Kampung Merasa dan Kampung Sukan Tengah. Semoga bantuan tersebut bisa di maksimalkan pemanfaatannya,” pungkasnya.

Selain itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, mewakili Pemkab dan masyarakat Berau, dirinya mengapresiasi segala bentuk dukungan yang telah diberikan oleh PT Berau Coal, khususnya sektor budaya dan pariwisata di Kabupaten Berau.

“Saya berterima kasih kepada PT Berau Coal yang karena telah ikut berpartisipasi dalam kemajuan pariwisata di Berau. Semoga bantuan seperti ini bisa berkelanjutan dan dapat menyasar kampung-kampung lainnya. Karena Berau memiliki seratus kampung dan semuanya memerlukan perhatian dari kita,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Samburakat, Siti nur alam mengatakan, mewakili masyarakat Kampung Samburakat dirinya mengucapkan terimkasih kepada PT Berau Coal yang memilih kampungnya menjadi salah satu kampung yang terpilih mendapatkan bantuan dari PT Berau Coal.

“Dengan bantuan yang kami peroleh, tentu dapat mendongkrak semangat masyarakat Kampung Samburakat berkompetisi agar lebih bisa memajukan kampung, terutama di bidang pariwisata. Kami sangat apresiasi program dari PT Berau Coal tersebut,” ucap Siti.

Dirinya berharap, kedepannya kami akan kembali diberikan bantuan oleh PT Berau Coal. Pihaknya ga berharap kerjasama dengan PT Berau Coal bisa terus terjalin kedepannya, khususnya dalam memajukan pariwisata di Kampung Samburakat.

“Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan PT Berau Coal terus memberikan perhatiannya ke Kampung kami,” pungkasnya.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel