Follow kami di google berita

Bakal Perjuangkan Penanganan Abrasi Pantai Pulau Derawan ke Kementerian

A-News.id, Tanjung Redeb – Anggota DPRD Berau, H Saga, menggelar Reses III atau penjaringan aspirasi tahun sidang 2023 di Kampung Pulau Derawan, Kecamatan Pulau Derawan, Senin (16/10/2023) lalu. Tampak antusias masyarakat turut menghadiri dan menyampaikan aspirasi pada agenda tersebut.

Dikatakannya, pada Reses kali ini, ia telah menampung beberapa aspirasi masyarakat yang menjadi permasalah dan selanjutnya akan diperjuangkan.

“Ada beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat. Seperti penanganan abrasi pantai. Ada juga terkait penggunaan mesin kompresor sebagai alat bantu nelayan menangkap ikan,” ungkap Saga.

Dijelaskannya, terkait persoalan abrasi, dirinya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, tentang bagaimana abrasi pantai yang kian memburuk.

“Terkait abrasi pantai sudah dibicarakan dengan pihak OPD. Rencananya saya bersama DPUPR Berau akan menemui Kementerian pada 26 Oktober nanti. Akan kita bahas di sana, supaya penanganannya segera terealisasi,” ungkap politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Sedangkan, persoalan pelarangan penggunaan kompresor untuk menangkap ikan, ia menegaskan, akan melakukan pengkajian ulang terkait kegunaan alat tersebut.

Sebab, meskipun ada aturan yang mengikat, namun bisa saja dilakukan evaluasi mengenai penggunaan alat dengan ramah lingkungan.

“Untuk sementara saya akan mengkoordinasikan kepada pihak terkait, supaya ada solusi lainnya terkait pelarangan kompresor,” jelasnya

Kendati demikian, dirinya akan  memperjuangkan aspirasi yang telah disampaikan oleh masyarakat. Hanya saja, untuk realisasinya sendiri masih membutuhkan waktu. Untuk itu, diharapkan masyarakat bisa lebih bersabar.

“Tentu akan saya kawal seluruh aspirasi pada malam ini. Namun, ada mekanisme dan tahapan yang harus dilalui. Saya harap masyarakat bisa memahami hal tersebut,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel