Test CPNS Akan Dilakukan Secara Tatap Muka di BKPP Berau dan 3 UPT Balikpapan, Tarakan dan Bulungan

Tes PNS

ANEWS, Berau – Proses pendaftaran CPNS dan seleksinya yang dilakukan sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kepala BKPP Berau Muhammad Said, Jum’at, 9/7/2021 mengatakan dimana seleksi CPNS Tahun 2021 akan dilakukan online semua, berbeda dengan yang terdahulu selain daftarnya juga online, tetapi mereka juga datang membawa berkas fisiknya,

Sekarang semua berkas-berkas kelengkapan harus dikirim secara online dan juga semua berkas yang masuk akan diverifikasi langsung secara online di Ruang CAT Kantor BKPP Berau di Tanjung Redeb.

Dan untuk tahapan seleksi nanti, Kabupaten Berau menetapkan empat titik lokasi, pertama di UPT Balikpapan, UPT Tarakan, UPT Bulungan dan di Kantor BKPP Berau.

Said menambahkan, estimasi pendaftar tahun 2021 ini diperkirakan sekitar 5 sampai 6 ribu orang dengan beberapa formasi CPNS yang dicari. Dengan jumlah pendaftar sebanyak itu pihak BKPP berharap orang yang berdomisili di keempat titik itu bisa langsung datang kesana tanpa harus keluar daerahnya untuk mengikuti tes ini.

Kebijakan penambahan 3 titik tempat seleksi yang dilakukan secara langsung (tatap muka) nanti, yaitu di Balikpapan, Tarakan dan Bulungan itu, selain di Berau sendiri, Kepala BKPP Berau, Said mengatakan itu bertujuan untuk membatasi orang luar (pelamar CPNS-red) yang masuk ke Berau nantinya, karena mereka bisa datang ke 3 titik UPT yang lokasinya diluar Berau.

Kepala BKPP Berau, Muhammad Said

Segala persiapan sudah dipersiapkan oleh pihak BKPP Berau, sementara tahapan sekarang masih proses yang masih berjalan yaitu pendaftaran online tersebut. Tanggal batas pendaftaran masih sesuai jadwal dan tidak ada perubahan seperti pemberitahuan sebelumnya.

Sementara untuk PPPK ini pihak BKPP hanya turut mengawasi karena semua prosesnya ini di Kementrian Pendidikan. Nantinya untuk tes PPPK kemungkinan ada di masing-masing sekolah yang menyelenggarakan UNBK tersebut. Karena pihak sekolah langsung akan terhubung ke Kementrian Pendidikan.

“Jadi khusus CPNS itu di BKPP tesnya dan PPPK itu dilakukan di masing-masing sekolah, juga kemungkinan ada titik-titik tertentu yang dijadikan tempat untuk tes PPPK tersebut. Dikarenakan tidak terlalu banyaknya peserta yang mengikuti tes PPPK ini. Yaitu sekitar 597 orang yang sasaran utamanya adalah PTT atau Guru Honorer,” jelas Said.

Berbeda dengan tes CPNS yang pendaftarnya terbuka untuk siapapun.

“Sekarang semuanya serba online, oleh sebab itu pihak BKPP menyampaikan adanya zero toleransi, jadi kalau misalnya pada saat mendaftar online ada kesalahan meng-upload dan lain sebagainya, langsung akan dianggap gagal tidak memenuhi syarat, jadi harap berhati-hati dalam mengisi formulir pendaftarannya,” tegas Muhammad Said Kepala Dinas BKPP Berau. (yud)

Bagikan