Terkait Pelebaran Drainase Penanggulangan Banjir, Angkasa Jaya: Pemkot Punya Kepedulian Terhadap Masalah Banjir

A-News.id, Samarinda – Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda saat ini sedang berupaya untuk mengatasi banjir di Samarinda dengan pelebaran drainase di beberapa titik banjir.

Menanggapi permasalahan tersebut, ketua komisi III DPRD Samarinda Angkasa Jaya Djoerani mengatakan bahwa dengan adanya upaya pelebaran drainase yang saat ini dilakukan oleh Pemkot Samarinda, menandakan adanya kepedulian pemerintah terhadap persoalan banjir di kota tepian.

“Apakah itu bisa berdampak efektif atau tidak, kita tunggu hasilnya, namun bagi saya memang tidak sepotong-sepotong untuk mengatasi banjir,” ungkap Angkasa Jaya. Selasa (9/11/2021).

Angkasa Jaya menilai bahwa yang terpenting dalam menangani banjir di Samarinda adalah sistem yang dibangun secara komprehensif.

Mengenai efektivitas pelebaran drainase dalam mengatasi banjir, terutama di tiga titik yang diprioritaskan oleh pemkot, Angkasa menilai perlu melihat hasil setelah proyek tersebut selesai.

“Memang dalam memperbaiki dan membuat drainase itu bukan suatu solusi yang final, mungkin saja ada strategi lainnya untuk membuat polder baru, ada rencana untuk membuat pintu air juga dari pemkot, ini semua saling berkaitan,” jelasnya.

Pria yang kerap disapa Jaya menambahkan bahwa efektivitas langkah penanganan banjir yang dilakukan pemerintah akan dirasakan oleh masyarakat dan juga akan diketahui oleh pihak nya di legislatif untuk memberikan masukan lebih lanjut.
Beberapa proyek lainnya seperti pembangunan bendungan pengendali (Bendali) dan kolam retensi di daerah hulu kota Samarinda juga telah masuk dalam daftar grand design penanganan banjir di Samarinda dengan berbagai macam skema pembiayaan.

“Yang menangani banjir itu adalah sistem, drainase ini saling sambung menyambung, jadi harus secara keseluruhan dan komperhensif menanganinya baru kita tahu apa kekurangan kita dalam mengatasi banjir ini,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan