Follow kami di google berita

Tegas, Jelang Nataru Camat Biduk-Biduk Wajibkan Pengunjung Tunjukkan Kartu Vaksin saat Masuk ke Destinasi Wisata

A-News.id, Biduk-Biduk – Camat Biduk-Biduk Abdul Malik menegaskan, akan memperketat jalur keluar masuk bagi wisatawan yang datang ke destinasi wisata yang ada di Kecamatan Biduk-Biduk menjelang natal dan tahun baru 2022 dengan mewajibkan menunjukkan kartu vaksin, Rabu (15/12/2021).

Pengetatan pintu masuk ke desitnasi wisata di Kecamatan paling ujung selatan Kabupaten Berau ini diungkapkan Abdul Malik sudah dibahas dalam rapat koordinasi bersama dengan unsur muspika, yakni kapolsek, danramil maupun danpos TNI AL.

Adapun tujuannya, untuk menjaga status zona hijau Kecamatan Biduk Biduk yang dalam kurun waktu sebulan lebih dipastikan tidak ada lagi kasus warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Perlu dipahami juga, Camat menggaris bawahi kebijakan itu berlaku hanya untuk tempat wisata sementara bagi yang ingin masuk ke Biduk-Biduk tetap diperbolehkan.

“Yang mau masuk ke Biduk-Biduk silahkan monggo, punya kartu vaksin ataupun tidak silahkan, tapi pada saat dia ingin berkunjung ke objek wisata maka diwajibkan untuk memperlihatkan kartu vaksin minimal dosis pertama,” jelas Abdul Malik.

Ada dua tempat wisata yang diprioritaskan untuk penerapan kebijakan wajib menunjukkan kartu vaksin saat masuk, yakni Pulau Kaniungan dan Danau Labuan Cermin. Dua lokasi itu jadi prioritas sebab dinilai paling rawan terjadinya penumpukkan masyarakat. Agar maksimal posko juga akan didirikan di dua lokasi tersebut.

“Ini agar kita bisa bersama-sama menjaga jangan sampai adalagi nanti kasus terkonfrimasi yang masuk ke Biduk-Biduk,” katanya.

Bagi yang tidak bisa menunjukkan, Abdul Malik menegaskan tidak ada toleransi, bahwa warga yang bersangkutan tidak diperbolehkan masuk ke destinasi wisata khususnya Pulau Kaniungan dan Danau Labuan Cermin.

“Sementara itu untuk penginapan dan home stay nanti setelah surat edaran bersama yang kami buat sudah selesai, maka kami harapkan pelaku usaha agar bisa membantu kami menyebarluaskan informasi ini,” tambahnya.

“Para pengelola penginapan dan home stay ini nanti akan kami berikan arahan lebih lanjut,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel