Follow kami di google berita

Tanggapan Disbudpar Soal Toilet di Wisata Air Panas yang Tidak Terawat

A-News.id, Biatan – Toilet umum di lokasi wisata air panas di Kampung Biatan Bapinang, Kecamatan Biatan menjadi sorotan pengunjung. Itu karena fasilitas umum milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beray tersebut kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak terawat.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau sejatinya sudah mengetahui kondisi toilet umum tersebut. Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Samsiah mengatakan, toilet itu sudah lama tidak digunakan karena bermasalah. Yaitu, tempatnya yang kurang strategis lantaran kerap terendam banjir saat hujan deras.

Dalam hal ini, pihak Disbudpar juga sudah menawarkan ke pemerintah kampung dan pengelola wisata untuk mengelola toilet umum tersebut menjadi ruang ganti. Akan tetapi hingga kini belum ada pihak yang bersedia mengelolanya. Mengatasi hal tersebut pula, Disbudpar berencana menghancurkan bangunan tersebut dan menggantinya dengan bangunan baru.

“Desainnya juga kurang nyaman sih ya, kalau disitu,” katanya.

Samsiah menyebut, pelaksanaan pembangunan toilet baru di wisata air panas tersebut, rencana akan berlangsung tahun 2022 ini. Kata dia, lokasinya akan dipindah, supaya tidak mengganggu sumber air panas tersebut.

“Jadi 50 meter masuk ke dalam, di luar area pemandian air panas, itu sesuai dengan desain dan dokumen perencanaannya (master plan),” tambahnya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka (pihak kampung) sudah kembali mengelola. Dalam ini juga kita sudah sosialisasi dan imbau juga agar tempat wisata tersebut lebih diperhatikan,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel