Follow kami di google berita

Tahun Depan Paskibaraka Diakusisi Kesbangpol

A-News.id, Tanjung Redeb – Mulai tahun depan penanganan pelaksanaan Paskibraka Berau bakal diakusisi dari Dinas Pemuda dan Olahrara (Dispora) Berau ke Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau, lantaran perubahan regulasi. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dispora Berau, Amiruddin.

Dia menuturkan, penanganan Paskibraka di pusat saat ini ditangani oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Makanya, ke depan semua Paskibraka tidak lagi melekat di Dispora. Di Kaltim sendiri sudah ada beberapa kabupaten/kota yang berada di bawah naungan Kesbangpol.

Sayangnya, Kesbangpol Berau tahun ini belum siap menangani Paskibraka. Mengingat alokasi anggarannya juga disiapkan di Dispora Berau.

“Jadi untuk tahun depan Paskibraka mulai ditangani oleh Kesbangpol,” ujarnya.

Sehingga, tahun ini menjadi momentum terakhir Dispora Berau menangani Paskibraka yang akan mengibarkan bendera merah putih pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 tahun, di Lapangan Pemuda 17 Agustus mendatang.

Dalam setiap kesempatan, pihaknya juga selalu melibatkan Kesbangpol Berau. Mulai dari seleksi, penjaringan, latihan dan sebagainya.

Agar pihak Kesbangpol dapat belajar bagaimana cara mempersiapkan Paskibraka menjelang hari kemerdekaan.

Hanya saja, Kesbangpol Berau tidak masuk dalam kepanitiaan. Tapi, selalu diundang secara resmi setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan Paskibraka.

“Paling tidak mereka bisa belajar untuk persiapan tahun depan. Kami juga siap membantu kalau mereka butuh pendampingan dari kami,” tuturnya.

Sementara itu, tahun ini Paskibraka tingkat Kabupaten Berau melibatkan 33 pelajar dari 18 SMA/SMK sederajat.

Hampir merata di semua kecamatan ikut terlibat. Sedangkan, ada 5 pelajar yang ikut mengibarkan bendera di Provinsi Kaltim.

“Persiapan kami sudah sesuai jadwal dan saat ini mereka sudah intens latihan. Alhamdulillah tahun ini sudah bisa menurunkan pasukan penuh sebanyak 33 orang,” ungkapnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel