Syarifatul Syadiah Minta OPD Bergegas Percepat Program Kerja

A-NEWS.ID,TANJUNG REDEB – Jelang akhir tahun anggaran 2022, seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD) pengguna anggaran untuk menjalankan program kerja diminta percepat kegiatan. Mulai dari proses awal hingga administrasinya diminta tuntas tepat waktu.

Hal itu seperti ditekankan wakil ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah. Bahwa seluruh kegiatan di APBD Perubahan agar segera dilakukan lelang.

“Baik itu yang besar ataupun berupa PL mengingat waktu yang sangat terbatas,” jelasnya.

Kemudian, diminta kepada seluruh OPD untuk memaksimalkan dalam melakukan serapan anggaran. Sebab menurutnya masih ada OPD yang terlihat belum melakukan serapan anggaran yang baik.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada penilaian umum Kabupaten nantinya. Tentu berdampak pada penilaian penyelenggaraan pemerintahan atau pengelolaan keuangan daerah.

“Maksimal dalam melakukan serapan anggaran juga ketepatan waktu mengerjakan khususnya OPD pemegang dana besar seperti Dinas PUPR, Perkim, Dinkes, Diknas. Jangan sampai apa yang sudah dianggarkan tidak maksimal pengerjaannya bahkan menjadi SILPA,kan sayang sekali jadinya,” jelasnya lagi.

Mengingat waktu yang  pendek, manajemen waktu harus dievaluasi di pantau juga dengan administrasi harus termanage dengan baik. Sehingga di akhir tahun bisa selesai semua.

“Apalagi kita tahu di akhir tahun curah hujan lebih tinggi dari biasanya, material sering langka karena banyak kerjaan menumpuk di akhir tahun. Bahkan kegiatan murni 2022 banyak yang belum selesai,” ujarnya.

Ditegaskannya, jangan sampai ini menjadi kendala bagi kontraktor, karena ujungnya yang dirugikan adalah masyarakat karena manfaatnya dari kegiatan tersebut berkurang. 

“Kualitasnya bisa jadi kurang bagus karena dikerjakan dengan tergesa-gesa, asal-asalan karena waktu yang singkat, makanya kita minta diantisipasi semua itu,” tutupnya. (*)

Bagikan