Follow kami di google berita

Studi Jurnalistik, Prokopim Sekkab Berau dan PWI Sambangi Biro Umum Humas dan Protokol Setda DI Yogyakarta

A-News.id, Tanjung Redeb – Hari kedua kegiatan Studi Pembelajaran Jurnalistik, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau bersama Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setkab Berau mengunjungi Biro Umum, Humas dan Protokol Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta di Komplek Kepatihan Danureja, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Kamis (12/10/23).

Rombongan disambut Koordinator Substansi Biro UMP Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji. Dalam pertemuan itu juga diadakan diskusi terkait program kerja sama antara Humas dengan media serta pembinaan kepada awak media.

Kepala Bagian Prokopim Setkab Berau, Sunarto, menyampaikan terima kasih atas kesediaan Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda Istimewa Yogyakarta, yang pada kesempatan ini berkenan menerima rombongan dalam kegiatan studi pembelajaran jurnalistik dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas rekan-rekan Prokopim dan pers Kabupaten Berau.

Sunarto menyebut, Bagian Kehumasan Pemerintahan tidak dapat dipisahkan dengan eksistensi media massa dan jurnalis yang meliput aktivitas pimpinan.

Karena itu, sudah sepatutnya terjalin hubungan yang baik antara kehumasan pemerintah dengan media massa demi tersebarluasnya informasi mengenai pembangunan daerah.

“Sudah seharusnya informasi yang disajikan oleh media massa harus mengedepankan objektivitas, yang membuat masyarakat atau netizen kita dapat mengetahui fakta kebenaran. Saya yakin, kehadiran pemberitaan yang sifatnya mempromosikan pembangunan dan prestasi daerah menjadi salah satu penunjang percepatan kemajuan daerah,” ungkap Sunarto.

Lanjutnya, selain berupaya menjalin hubungan yang baik dengan kehumasan, dirinya mengimbau kepada pers untuk menuliskan berita-berita yang sifatnya edukatif dan membangun citra positif pemerintahan. Sehingga perselisihan dapat dicegah dan tercipta suasana yang kondusif.

“Studi pembelajaran ini sebagai forum diskusi untuk bersama-sama membangun iklim demokrasi dan kebebasan berpendapat untuk kemajuan pembangunan daerah,” tuturnya.

Sunarto berharap, kemitraan antara Pemkab Berau, dalam hal ini Bagian Prokopim Setda Berau dengan Biro Umum Humas dan Protokol dan DIY serta seluruh media massa dapat senantiasa terjalin sinergis, terutama berkenaan dengan tupoksi sebagai penyalur informasi pemerintahan kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Koordinator Substansi Biro Humas UMP Setda DIY, Ditya Nanarto Aji menuturkan, seperti yang disampaikan Kabag Prokopim Setkab Berau, bahwa benar media menjadi garda terdepan dalam hal penyampaian publikasi kepada masyarakat.

“Hal ini menjadi urgent, apalagi menjelang tahun politik saat ini. Kami yang juga berkecimpung juga merasakan hal yang sama,” ujarnya.

Diakuinya, menang pihaknya tidak bisa berjalan sendiri dan sangat terbantu dengan adanya komunikasi dan sinergi yang baik bersama rekan-rekan media.

“Komunikasi dan sinergi yang baik menjadi kunci kekompakan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, selama ini kerja sama antara humas dan media massa sudah terjalin dengan baik.

“Selain dengan media, kami juga ada program pembinaan bagi rekan-rekan pers melalui PWI. Jadi kita berikan dana hibah yang mereka kelola untuk kegiatan pembinaan,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel