Follow kami di google berita

Kodim 0902/Bru Salurkan Paket Logistik Kesehatan

ANews, Tanjung Redeb – Kodim 0902/Bru salurkan bantuan paket logistik kesehatan. Penyaluran itu berlangsung di gudang penyimpanan Instalasi Farmasi Kabupaten Berau, Jumat (13/8/2021).

Paket yang disalurkan tersebut, masing-masing yakni alat kesehatan terdiri dari Oxygen Concertrator 50 unit dan Selang Oxygen Concertrator 1.000 set.

Perlengkapan kesehatan, berupa unit APD Nusantara 500 pcs, Sarung Tangan Medis 1.000 pcs, Masker KF 94 5.000 pcs, Masker Medis Kalmed 3.000 pcs, Masker Medis Eagle 20 pcs, Masker Bedah Dettol 400 pcs, Masker Kain Ina 1.000 pcs dan Rapid Tes Antigen 5.000 pcs.

Secara simbolis serah terima dilaksanakan oleh Dandim 0902/Bru Letkol Inf. Fardin Wardhana kepada Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi.

Diakui Iswahyudi, bantuan yang disalurkan oleh Kodim 0902/Bru itu merupakan bagian dari proses pelaporan oleh tim satgas Berau serta evaluasi dari pemerintah pusat.

“Dimana dalam laporan kita itu memang kita akui kalau kita memang ada kekurangan beberapa logistik medis, sehingga direspon oleh pusat dan hari ini bantuan tersebut baru kita terima,” ujarnya saat diwawancarai awak media.

“Ini diserahterimakan saat kunjungan dari Panglima TNI dan Kapolri di Tarakan, Kalimantan Utara,” tambah Iswahyudi.

Untuk 50 unit Oxygen Concertrator penyaluran akan dilakukan ke RSUD Abdul Rivai dan 25 lainnya untuk ke Puskesmas.

“Sehingga bisa menekan (kritis) saat orang-orang dari Puskesmas yang akan digeser ke Rumah Sakit, tujuan kita adalah menekan angka kematian dan kesakitan yang lebih dalam,” ujarnya.

Hanya saja, Iswahyudi memastikan penyaluran akan diutamakan kepada Puskesmas yang jauh dari pusat kota Tanjung Redeb.

“Kalau yang di kota bisa langsung digeser ke RSUD sedangkan kalau yang jauh ini kan tidak punya alternatif, makanya itu yang lebih kita utamakan termasuk puskesmas yang kita nilai pasiennya banyak,” katanya.

“Kita ada punya 22 puskesmas kalau memungkinkan semuanya dapat, tapi kalau tidak nanti akan kita atur sesuai dengan kebutuhan mereka, tinggal efektifitasnya saja,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel