Follow kami di google berita

Sri Wahyuni Minta Gelaran Y20 Summit Tak Bebankan APBD Kaltim

(Foto: Sekdaprov Kaltim, Sri Wahyuni saat memimpin persiapan Y20 Summit Bergama OPD terkait/Humas Pemprov)

Anews.id, Samarinda – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim menegaskan bahwa Pemprov Kaltim siap mendukung pelakasanaa Pra Summit attua Pra KTT III Y20 Summit Memantapkan pelaksanaan Pra Summit atau Pra KTT III Y20 Summit yang akan digelar di Kota Balikpapan. Pada tanggal 21-22 Mei mendatang.

“Prinsipnya, sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor siap menerima kedatangan para peserta Pra KTT III Y20 Summit. Hanya saja, kami tidak ingin pelaksanaan ini membebani APBD, sehingga diperlukan nanti dukungan pihak ketiga dalam menyukseskan pelaksanaan tersebut,” ucap Sri Wahyuni ketika memimpin rapat bersama Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim, OPD Pemkot Balikpapan, Perwakilan Kemenpora RI dengan Pelaksana Y20 Summit atau Tim Indonesian Youth Diplomacy (IYD) Pusat di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Kaltim. Senin (18/4/2022).

Sri menilai menyambut baik pelaksanaan ini, selain untuk memberikan motivasi generasi muda agar semangat berkarya juga Kaltim merupakan salah satu provinsi yang sukses program perdagangan karbon atau penurunan emisi gas rumah kaca. Bahkan, diperkirakan Kaltim akan menjadi provinsi pertama yang sukses dalam perdagangan karbon tersebut.

Artinya, karena isu lingkungan menjadi pokok pembahasan dalam Pra KTT III Y20 Summit nanti, maka Provinsi Kaltim sangat menyambut baik pelaksanaan tersebut.

Selanjutnya, untuk menyukseskan hajatan ini, Sri mengingatkan panitia pusat bahwa Pemprov Kaltim bekerja secara gotong royong dan murni tidak menggunakan APBD.

“Jadi, Pemprov tidak memberikan dana, tetapi bentuk tindakan yang dikerjasamakan berbagai pihak,” tegasnya.

Selanjutnya, Pra Summit KTT Y20, diharapkan kaum muda juga bisa terlibat dalam pelaksanaan tersebut, karena bagian dari ajang pertemuan para pemuda untuk Indonesia Maju dan dunia yang damai.

Pra KTT III yang dilaksanakan 21-22 Mei 2022 secara hybrid di Kalimantan Timur dengan topik Sustainable and Livable Planet atau planet yang berkelanjutan dan layak huni. Kegiatan itu, juga dirangkai penanaman bibit pohon mangrove di Wilayah Pesisir Balikpapan.

Sementara, Y20 Summit diselenggarakan 17-24 Juli 2022 di Jakarta dan Bandung dengan topik From Recovery to Resilience Rebuild the Youth Agenda Beyond Covid-19.

Bagikan

Subscribe to Our Channel