Follow kami di google berita

Siap Tingkatkan Kualitas Jalan dan Infrastruktur dengan Anggaran Besar

A-News.id, Tanjung Redeb – Kondisi jalan di Kabupaten Berau masih memprihatinkan. Data BPS Kabupaten Berau tahun 2023 menunjukkan bahwa hampir 29% jalan di Berau dalam kondisi rusak berat dan 37% dalam kondisi rusak ringan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris DPRD (Sekwan) H Abdurrahman saat membacakan rekomendasi LKPJ tahun 2023.

Sementara itu, dalam LKPJ Bupati Berau tahun 2023, Dinas PUPR Kabupaten Berau memiliki anggaran sebesar Rp. 2.298.991.376.294 dengan realisasi Rp. 2.090.965.281.794 (serapan anggaran 90,95%). Anggaran ini merupakan salah satu yang terbesar di Kabupaten Berau, mencapai hampir 50% APBD.

Denan anggaran yang besar ini, persoalan infrastruktur jalan di Berau masih belum terselesaikan. Program penyelenggara jalan dengan anggaran terbesar, yaitu pembangunan jalan, hanya merealisasikan Rp. 458.033.411.604.

“Rekonstruksi jalan juga hanya merealisasikan Rp. 526.817.992.323.,” ujarnya.

Kemudian, target pembangunan jembatan sebanyak 3 unit hanya tercapai 2 unit dengan anggaran Rp. 65.192.550.950. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan dan menghambat aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. Jalan yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan, kemacetan, dan memperlambat distribusi barang dan jasa.

Sementara itu Bupati Berau, Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen untuk meningkatkan kualitas jalan dan infrastruktur di wilayahnya. Hal ini disampaikan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, dalam menanggapi rekomendasi DPRD Berau terkait LKPJ tahun 2023.

Bupati Sri mengakui bahwa kondisi jalan di Berau saat ini masih belum ideal. Namun, ia menegaskan bahwa pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Rekomendasi DPRD terkait kondisi jalan menjadi perhatian utama kami. Kami akan segera menindaklanjuti dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas jalan di Berau,” ujar Sri.

Ia menambahkan bahwa peningkatan infrastruktur jalan merupakan bagian dari program kerja Pemkab Berau yang tertuang dalam 18 program unggulan.

“Ini merupakan bagian janji politik kami kepada masyarakat untuk memaksimalkan pembangunan infrastruktur, termasuk jalan, demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tegas Sri.

Bupati Sri juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas jalan dan infrastruktur di Berau. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel