SATLANTAS POLRES BERAU GELAR DONOR DARAH RANGKAIAN PADA OPS ZEBRA MAHAKAM 2020

Polres Berau melakukan donor darah dalam rangka Operasi Zebra Mahakam 2020

ANEWS, Tanjung Redeb – Puluhan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Berau melakukan donor darah dalam rangka Operasi Zebra Mahakam 2020, di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Jumat (6/11/2020).

Kegiatan tersebut, sengaja digelar Satlantas Polres Berau lantaran operasi zebra tahun 2020 di masa pandemi covid-19 ini memang dikemas dengan cara yang berbeda dibanding operasi zebra yang digelar sebelumnya.

Kasat Lantas Polres Berau, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra, mengatakan, kurang lebih sebanyak 50 personel yang dilibatkan dalam donor darah ini dengan maksud dan tujuan sekiranya bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Berau.

“Kita bantu memenuhi kebutuhan stok darah di PMI, jadi saat ada masyarakat yang membutuhkan, diharapkan stok darah tersedia,” ujarnya kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Lanjut Agung, dengan aksi donor darah yang dilaksanakan pihaknya tersebut, nantinya juga bisa mendorong kalangan lain untuk melakukan hal yang sama demi tugas kemanusiaan. Bahkan, dengan kegiatan ini akan banyak membantu pasien di Rumah Sakit yang membutuhkan darah.

Di sisi lain, Penanggungjawab Laboratorium PMI Berau, Edy Erwansyah menyampaikan, dengan adanya aksi donor darah dari Satlantas Polres Berau kali ini sangat membantu dalam memenuhi stok darah yang ada di PMI.

“Aksi donor ini sangat membantu keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk pasien. Dan stok yang ada ini bisa cukup untuk 2 -3 hari ke depan,” terangnya.

Ia juga berharap selain Satlantas Polres Berau, aksi serupa bisa dilakukan oleh relawan baik dari instansi, lembaga maupun pihak perusahaan guna membantu stok darah di PMI.

“Harapan kita akan ada yang lain yang bisa melakukan aksi yang sama untuk membantu kebutuhan darah para pasien, selain itu pula dari pantauan kita (PMI Berau) golongan darah O yang saat ini memang paling banyak dibutuhkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kantong darah yang ada di Laboratorium PMI saat ini masing-masing, Golongan darah A 12 kantong, B 7 kantong, O 13 kantong dan AB 4 kantong. Dan melalui aksi dari Satlantas Polres Berau mendapat tambahan, A 5 kantong, B 1 kantong, O 8 kantong. (myk)

Bagikan