Sambut Pesta Budaya Meja Panjang dengan Perlombaan Tradisional

A-News.id, Kelay – Setelah vakum sejak tahun 2019 akibat mewabahnya pandemi covid-19 agenda wisata meja panjang di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay akan kembali dimeriahkan pada akhir tahun 2022 ini.

Berbagai rangkaian persiapan pun sudah mulai dilakukan oleh aparatur kampung bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat setempat, Sabtu (20/11/2022).

Seperti halnya pelaksanaan berbagai lomba seperti lomba tarian tradisional khas etnis dayak gerak sama, tari berpasangan dan lomba menyumpit. Itu semua dirangkai menjadi satu dalam pelaksanaan pra meja panjang.

Di Balai Kampung Merasa masyarakat sekitar nampak antusias menyaksikan perlombaan tari tradisional gerak sama dan berpasangan. Karena semua rukun tetangga (RT) yang ada menurunkan perwakilannya masing-masing untuk mengikuti lomba. Sementara untuk lomba menyumpit diadakan pada lapangan sepak bola tak jauh dari balai kampung.

Kepala Kampung Merasa Yafet menuturkan, rangkaian tersebut untuk memancing euforia masyarakat kampung serta sebagai bentuk pengumuman kepada warga luar kampung bahwasanya pesta budaya meja panjang tahun 2022 akan diselenggarakan kembali oleh Kampung Merasa.

“Jadi tahun ini karena covid-19 sudah mulai mereda makanya kita akan melaksanakan kembali pesta budaya meja panjang,” katanya saat dijumpai di balai kampung.

Karena sejatinya meja panjang adalah pesta budaya yang diagendakan rutin tiap tahunnya. Agar berbeda, di tahun 2022 ini dilaksanakan pra meja panjang dengan diisi berbagai perlombaan.

“Sebelum covid-19 kita rasa kegiatannya kurang meriah karena persiapannya belum begitu matang, sedang tahun 2022 ini kita upayakan penyelenggaraannya bisa lebih meriah, salah satunya pra meja panjang yang ini merupakan perdana digelar tahun 2022,” tandasnya.

Sementara itu, seorang warga Rojest pun nampaknya cukup senang karena mengetahui pesta budaya meja panjang akan digelar kembali setelah vakum tiga tahun. Kesenangannya bertambah karena sebelum meja panjang digelar rangkaian kegiatan lain seperti lomba tarian daerah dan menyumpit.

“Sebagai masyarakat tentu kita sangat menyambut antusias agenda tahunan meja panjang, semoga di tahun-tahun berikutnya rangkaian meja panjang bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sekadar informasi, pesta budaya meja panjang merupakan tradisi leluhur yang diadakan rutin setiap tahun.Tujuannya untuk mempererat jalinan persaudaraan antar sesama. semua makanan yang disajikan bebas dimakan oleh siapa saja.

Konsep tradisi pesta meja panjang ini cukup sederhana namun penuh makna. Seluruh masyarakat di kampung mulai dari RT 1 hingga 5 menyajikan kuliner khasnya di atas meja yang telah tersedia. Warga dari masing-masing RT saling berkunjung ke stand lain secara bergantian untuk berkumpul dan makan bersama. (mik)

Bagikan