Follow kami di google berita

Saga : Percantik Destinasi Wisata Berau untuk Sambut Wisatawan IKN

Ilustrasi wisatawan berenang bersama ubur-ubur di Danau Pulau Kakaban. (explorerberaukaltim)

A-News.id, Tanjung Redeb – Kabupaten Berau dikenal dengan sektor pariwisatanya. Beberapa objek wisata yang ada sudah dikenal hingga mancanegara. Seperti wisata bahari di Kepulauan Derawan.

Karena itu, anggota DPRD Berau, Saga berharap sarana prasaran dan fasilitas pendukung yang ada di objek wisata perlu dipersiapkan secara maksimal. Apalagi wisata Berau akan menjadi penyokong Sektor Pariwisata untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Saga, Pemerintah Daerah perlu melakukan inventarisasi sehingga dapat menentukan fasilitas pendukung mana yang perlu dibenahi secara prioritas baik itu di Pulau Maratua maupun Pulau Derawan.

“Kalau fasilitas terpenuhi, tentu akan berdampak dengan kunjungan wisatawan. Wisatawan akan merasa nyaman selama berkunjung,” kata pria yang juga menjabat Ketua Komisi III DPRD Berau ini.

Menurut Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, saran promosi yang baik yaitu kesan yang dirasakan wisatawan saat berkunjung.

“Kalau wisatawan merasa nyaman, bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi. Mereka juga tentu akan menceritakan atau mempromosikan objek-objek wisata yang dikunjungi,” jelasnya.

Jika sarana dan fasilitas di objek wisata memadai, lanjutnya, maka kunjungan wisatawan juga akan meningkat. Hal ini akan menjadi nilai plus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau. Apalagi kedepan sektor pariwisata akan menjadi sektor unggulan penyumbang pendapatan.

Dampak lainnya yang dirasakan masyarakat yakni berkembangnya sektor UMKM di  kawasan wisata.

“Diharapkan akan banyak aktivitas ekonomi masyarakat di sekitaran destinasi pariwisata seperti UMKM yang menjual oleh-oleh asli daerah,” tandasnya. (ADV/*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel