Follow kami di google berita

Resmikan Kandang Sapi BLT PT BSJ, Wagub Komitmen Peningkatan Ternak Di Kaltim

(Foto; Wagub Hadi Mulyadi bersama pihak PT BSJ dan Warga/IST)

Anews.id, Kutai Kertanegara – Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi meresmikan bangunan kandang sapi BLT milik PT Berkah Salama Jaya (BSJ) yang terletak di Desa Tani Bhakti, kecamatan Loa Janan, Kutai Kertanegara (Kukar). Jum’at (1/4/2022).

Dalam sambutannya, Hadi Mulyadi memberikan apresiasi kepada PT BSJ maupun kepada Koperasi Produsen Ternak Berkah Salama Jaya (BSJ) Kaltim yang telah memfasilitasi masyarakat sehingga bisa produktif, baik di Desa Tani Bhakti Loa Janan maupun kelompok lainnya yang tersebar di kabupaten dan kota di Kaltim, dalam kegiatan pengembangan lokasi sekaligus pilot project pengembangan penggemukan sapi.

“Kegiatan yang dilakukan PT BSJ beserta koperasi produsen ternak BSJ di Desa Tani Bhakti di Loa Janan ini bisa menjadi percontohan desa-desa lainnya di Kaltim,” kata Hadi Mulyadi usai meresmikan kandang sapi Bantuan Langsung Tunai (BLT), untuk masyarakat di Desa Tani Bhakti, sekaligus menyaksikan penyerahan bagi hasil penggemukan sapi dan penyerahan kelompok BLT dari Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim di Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara,” ungkap Hadi.

Lebih lancet, Hadi Mulyadi menegaskan akan berkomitmen dalam upaya peningkatan ternak di Kaltim, dengan memberikan bantuan maupun kemudahan dalam memberikan perizinan maupun mengonektingkan dengan barbagai pihak, baik perbankan maupun para ahli yang yang lain, sehingga bisa terwujud.

“Oleh karena itu, bagi desa lain yang ingin mengembangkan peternakan sapi maupun penggemukan sapi bisa berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim dan PT BSJ di Desa Tani Bhakti Loa Janan,” tegasnya.

Kendati itu, orang nomor dua di Kaltim itu berharap program pembangunan peternakan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalim terus eksis untuk meningkatkan produksi daging dan telur lokal, sehingga bisa mandiri dan berdaulat pangan asal ternak di Kaltim dan terutama mendukung Provinsi Kaltim sebagai ibu kota negara.

Sementara itu, Direktur Utama PT Berkah Salama Jaya (BSJ) Suparlan mengatakan kandang penggemukan yang baru diresmikan berkapasitas 120 ekor sapi, sehingga luas dengan kandang induk yang ada sebelumnya yang berkapasitas hampir 900 ekor khusus untuk di Desa Tani Bhakti saja, belum lagi 93 kelompok lainnya yang tersebar di 9 kabupaten kota di Kaltim.

Peresmian kandang BLT dibangun berdasarkan hasil keuntungan dari Program Kemitraan dengan PT Pertamina, yang merupakan salah satu bagian dari program CSR dan Bina Lingkungan,” kata Suparlan.

Ditambahkan, PT BSJ maupun Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kaltim bertekad membantu kesejahteraan peternak sapi di unit kabupaten/kota se-Kaltim. Yakni dengan cara kemitraan dengan peternak. Memberikan dukungan teknis untuk pengembangan dan pembibitan bahkan penggemukan ternak sapi. Yaitu dengan cara pendampingan, pelatihan, pengelolaan, dan tata cara pemberian pakan.

Bagikan

Subscribe to Our Channel