Follow kami di google berita

Resmi Luncurkan Kredit Bertuah Untuk Masyarakat, Andi Harun: Diberlakukan Juga Untuk UMKM Yang Baru

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun saat memberikan sambutan dalam peluncuran Kredit Bertuah/Ist)

Anews.id, Samarinda – Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda akhirnya meluncurkan Kredit Beruntung dan Berkah (Bertuah).

Acara peluncuran Kredit Bertuah yang mengusung tema “Melalui Kredit Bertuah Kita Tingkatkan Percepatan Akses Keuangan Daerah” diadakan di Pendopo Citra Niaga, yang berada dijalan Niaga, Samarinda. Pada hari Selasa (25/10/2022). Diresmikan langsung oleh Walikota Samarinda, Andi Harun.

Tak hanya peluncuran Kredit Bertuah, Andi Harun juga mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan jajaran instansi terkait.

“Pengukuhan TPKAD adalah keharusan menurut peraturan. Dan juga merupakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dan TPKAD bisa memberikan bantuan untuk mengakses jasa keuangan dan pengembangan UMKM,” ungkap Andi Harun saat ditemui awak media.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Samarinda itu menyampaikan nantinya pengalokasian anggaran akan dikelola langsung Bankaltimtara, dengan mengimplementasikan program kredit Bertuah yang menyasar kepada pelaku UMKM.

“Sasarannya itu UMKM. Supaya semua terjamin, serta bergulir terus-menerus kredit ini,” ucap Andi Harun.

Untuk itu, Pemkot akan terus melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM, agar usahanya terus berlanjut.

Andi Harun juga menyampaikan kredit bertuah ini diberlakukan untuk seluruh pengusaha yang sudah berjalan, maupun yang ingin membuka usaha.

“Tetapi harus melalui syarat-syarat. Caranya nanti hubungi langsung Bankalimtara,” tandasnya.

Untuk diketahui, Anggaran yang disiapkan oleh Pemkot Samarinda dalam Kredit Bertuah ini mencapai Rp 15 Miliar dan nantinya akan dikelola Bankaltimtara. Platform peminjaman berkisar Rp1-25 juta dengan masa pelunasan dua tahun.

Bagikan

Subscribe to Our Channel