Follow kami di google berita

Permasalahan ODGJ Masih Menjadi Pembahasan, Sri Puji Astuti: Kita Terhambat Masalah Alokasi Anggaran

(Foto: Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti

Anews.id, Samarinda – Permasalahan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) masih isu yang sering dibahas oleh beberapa pihak. Pasalnya, para pengidap ODGJ sering berkeliaran di sekitaran kota Samarinda dan kurang mendapat perharian dari pihak keluarga.

Hal ini lah yang membuat ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti turut mempersoalkan penangangan ODGJ.

Ia menuturkan masih banyak ODGJ yang berkeliaran namun tidak membuat onar, tetapi ada beberapa sebagian masyarakat yang terganggu akan kehadiran ODGJ.

“Mereka ini berkeliaran karena kurang perhatian dari Keluarga, penyakit mereka kadang kembali kambuh dan biasanya dua sampai tiga minggu baru pulang kerumah,” ungkap Sri Puji Astuti kepada awak media. Selasa (25/10/2022).

Selain itu, Puji sapaan karibnya menilai kinerja Dinas Sosial (Dinsos) Kota Samarinda sudah cukup tanggap dalam menanggapi aduan masyarakat terkait ODGJ. Hanya saja, ia menilai Pemerintah terhambat dengan anggaran yang terbatas.

“Sudah cukup tanggap Dinsos ini. Karena kalau ada ODGJ yang mengganggu pasti langsung ditertibkan,” jelas Puji.

“Tapi yang jadi kendala kan tempat menampung mereka (ODGJ) ini, karena anggaran kita yang terbatas,” sambungnya.

Politisi dari fraksi Demokrat itu menambahkan saat ini ada tujuh orang yang sedang dalam masa perawatan, Namun, Puji meminta agar mereka disiapkan tempat tinggal, temasuk pelayanan berupa obat dan makanan.

“Menyiapkan makan, minum, dan pengobatan untuk mereka yang paling penting. Karena untuk memulangkan mereka sulit lantaran banyak yang tidak memiliki KTP,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel