Follow kami di google berita

PT Berau Coal Gelar Bazar dan Lomba UMKM, Pemkab Berau Beri Apresiasi

A-News.id, Tanjung Redeb – PT Berau Coal menggelar Bazar dan Lomba UMKM unggulan di Lapangan Gor Pemuda belum lama ini. Kegiatan itu diikuti oleh UMKM di empat Kecamatan terdekat.

Hal itu pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Berau. Melalui, Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Zulfahmi menuturkan, mewakili Pemkab Berau, khususnya Diskoperindag, dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PPM PT Berau Coal dalam hal ini bazar dan lomba produk UMKM unggulan pada hari ini. Hal ini merupakan langkah yang positif untuk mendorong hasil produk UMKM dalam segi pemasarannya.

“Selain pemasaran ajang ini juga menjadi tolak ukur kualitas dan kuantitas dari produk yang diperlombakan. Tentunya kedepannya bisa meningkatkan kualitas hasil produk mereka,” ucapnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan, mengingat Diskoperindag Berau tidak bisa sering melaksanakan kegiatan ini dikarenakan keterbatasan anggaran.

“Tentunya pihak ketiga bisa ikut membantu dengan kegiatan seperti ini. Selain itu saya juga berharap pelaksanaannya kedepan bisa lebih lama, kalau bisa 5 sampai 6 hari agar masyarakat bisa puas datang dan berbelanja hasil produksi UMKM kita,” jelasnya.

Sementara itu, Community Development PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman mengatakan bahwa kegiatan bazar dan lomba produk UMKM unggulan ini sudah kali kedua pihaknya selenggarakan. Ia menyebut, terakhir kali pihaknya melaksanakan pada Tahun 2019 lalu.

“Ini sudah dua kali kita laksanakan. Tentunya perwakilan yang mengikuti kegiatan pada hari merupakan kecamatan yang berada di lingkar tambang kita,” ungkap Sulaiman.

Lanjutnya, selain itu kegiatan ini juga bagian konsen PPM PT Berau Coal untuk mengembangkan ekonomi yang kompetitif dengan kearifan lokal melalui UMKM yang ada. “Karena menurut data nasional UMKM ini merupakan penopang ekonomi terbesar saat ini,” tuturnya.

Diakuinya, menjadi perhatian utama PT Berau Coal membantu ekonomi-ekonomi kecil di Kabupaten Berau serta ikut membantu program Pemkab Berau. “Tentunya juga kami berkolaborasi dengan program yang dijalankan oleh Pemkab Berau,” ujarnya.

Sulaiman juga menyebut, disamping hilirnya akan dibantu pemasarannya, pihaknya juga melakukan pendampingan dari hulu. Diantaranya pendampingan UMKM dalam mendapatkan legalitas.

“Legalitas PIRT dan memberikan kemasan yang menarik kepada produk para pelaku UMKM kita lakukan, sehingga produknya tidak hanya dari segi rasa yang enak, tetapi kualitas, legalitas dan kemasan juga mumpuni. Komitmen kami dari hulu sampai hilir dalam memberikan dukungan dan pendampingan,” tutupnya.

Di kesempatan yang berbeda, Camat Teluk Bayur, Endang Eriani mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat baik dan positif, sehingga PT Berau Coal perlu secara berkelanjutan memberikan kesempatan untuk bisa mengadakan kegiatan seperti ini di waktu mendatang. “Ini kegiatan yang positif, dapat kita kembangakan terus kedepannya, sehingga lebih banyak lebih luas masyarakat yang bisa turut meramaikan untuk menyaksikan produk UMKM yang ada di Berau,” katanya.

Diungkapkannya, untuk produk UMKM di Kecamatan Teluk Bayur, memiliki komoditi Coklat yang dikelola oleh UMKM Labanan Makarti yang juga bagian dari dampingan PPM PT Berau Coal. “Tumbit juga ada coklat, ada batik. Dan kami juga juara 1 di Kaltim untuk mewakili Kaltim ke ajang nasional,” ungkapnya.

Diungkapkannya lagi, bahwa awalnya BUMK Labanan Makarti hanya mengelola ayam petelur. Untuk pencegahan stunting. “Dan akhirnya berkembang hingga saat ini,” tandasnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel