Follow kami di google berita

Proyek Dana Desa Wajib Dilakukan Secara Swakelola

Kampung Benar Baru Kecamatan Sambaliung. (Guntagraphy)
Kampung Benar Baru Kecamatan Sambaliung. (Guntagraphy)

A-News.id, Tanjung Redeb — Dana Desa (DD) tahun 2024 di Kalimantan Timur mencapai  Rp787,18 miliar yang akan dibagi ke 841 desa. Di Kabupaten Berau khususnya, saat ini memiliki 100 kampung diantaranya 11 kampung berstatus mandiri, 41 kampung maju, 47 kampung berkembang dan 1 yang masih status kampung tertinggal di Kampung Mapulu.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Sudirman mengatakan, untuk tahun 2024 ini Dana Desa yang bersumber APBN mencapai Rp92,6 miliar. Dari pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp90,7 miliar.

Untuk Alokasi Dana Kampung (ADK), lanjut Sudirman, juga mengalami kenaikan sekitar Rp70 miliar sehingga pada tahun 2024 ini ADK di Berau dialokasikan sebesar Rp320 miliar.

“Tahun 2023 itu sebesar Rp250 miliar naik menjadi Rp320 miliar,” ujarnya.

Tak hanya itu, adapun dana bagi hasil pajak daerah (PD) yang dialokasi untuk kampung sebesar Rp9,6 miliar. Ia meminta agar dana yang diterima setiap kampung kampung ini dapat memberikan kesejahteraan untuk warganya.

Selain itu, sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7/2023 Tentang Prioritas Penggunaan DD yang telah ditetapkan pada tanggal 27 Oktober 2023 lalu, terdapat beberapa prioritas DD 2024.

DD ini nantinya diprioritaskan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan.

“Baik melalui kegiatan pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan dalam pelaksanaan kegiatan nantinya, diharapkan dapat melalui swakelola dan diutamakan menggunakan pola padat karya tunai desa. Yakni dengan upah pekerja minimal 50 persen dari dana kegiatan.

“Proyek dana desa harus dilakukan secara swakelola yang dilakukan oleh masyarakat dan 50 persen dipakai untuk membayar upah pekerja,” tandasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel