Follow kami di google berita

Proses Perizinan RSUD Tanjung Redeb Masih Tipe C

A-News.id, Tanjung Redeb – Pembangunan rumah sakit baru di Kabupaten Berau terus dipersiapkan. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Halijah, menerangkan bahwa sesuai rencana, pembangunan RSUD Tanjung Redeb itu dipersiapkan menjadi RSUD Tipe B. Namun, saat ini proses perizinannya masih menuju Tipe C.

“Sekarang Tipe C. Dalam perkembangannya nanti ke Tipe B. Kan itu persyaratannya banyak, sarana prasarana, tenaga dokter spesialis. Dokter spesialis itu harus lengkap dulu baru bisa tipe B,” jelasnya, Kamis (31/8/2023).

Pembangunan RSUD Tanjung Redeb ini, lanjutnya, sejalan dengan pengembangan RSUD dr Abdul Rivai. Dua rumah sakit ini diakuinya masuk dalam program unggulan bupati.

“Yang sekarang Abdul Rivai itu ke depannya dipertahankan tetap Tipe C, nanti yang baru (RSUD Tanjung Redeb) itu Tipe B,” tegasnya.

Sementara itu, Fungsional Penata Perizinan Muda pada DPMPTSP Berau, Veri menerangkan izin Tipe C RSUD Tanjung Redeb saat ini belum diterbitkan. Namun pembangunan RS itu sudah berjalan karena sudah mengantongi izin Pelayanan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) dan dokumen lingkungannya (AMDAL).

Sedangkan izin Tipe C itu akan diterbitkan pada saat RS telah berdiri. “Kan tahapan izin rumah sakit itu nanti pada saat bangunan sudah berdiri. Bangunan sudah berdiri, fasilitas sudah tersedia nanti baru tim yang akan menilai. Kalau dia memenuhi standar untuk memenuhi izin Tipe C baru diterbitkan izin,” terangnya.

Untuk memenuhi standar Tipe C, tegasnya ada batas dan standarnya. Dari segi infrastruktur, minimal 200 kamar. Sedangkan Tipe B sendiri 250 kamar.

“Tapi aspeknya bukan hanya tempat tidur. Cuma memang karena pemerintah ini menetapkan sementara RS ini Tipe C, ya mungkin memenuhi standar itu dulu,” jelasnya.

Secara khusus terkait Tipe B, hal itu menjadi kewenangan provinsi. RSUD Tanjung Redeb juga memiliki peluang untuk diupgrade menjadi RS Tipe B.

“Cuma yang pasti saat ini memang arahnya ke Tipe C. Karena semua prosesnya kita di sini. Kalau Tipe B untuk upgrade kan memungkinan saja,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel