Follow kami di google berita

Profil Inspiratif H. Rusianto: Putra Berau Siap Bertarung untuk Kaltim di DPR-RI 2024

A-News.id — PEMILIHAN Legislatif (Pileg) 2024 semakin dekat. Sejumlah pigur di Bumi Batiwakkal -Sebutan Kabupaten Berau- telah memantapkan niat untuk turut bertarung.

Salah satunya H. Rusianto, putra asli Berau. Pria kelahiran Pulau Maratua, telah meneguhkan tekadnya untuk mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang.

Lahir pada tahun 1967, Rusianto merupakan figur yang memiliki latar belakang pendidikan yang luar biasa, meraih dua gelar prestisius sepanjang perjalanan kariernya.

Ia meraih gelar Sarjana Hukum di Universitas Yos Soedarso, Surabaya pada tahun 2001. Kesuksesannya dalam dunia pendidikan tidak berhenti di situ saja. Pada tahun 2018, Rusianto juga sukses meraih gelar Magister Sains di Universitas Mulawarman, Samarinda.

Rusianto juga dikenal karena keterlibatannya yang luas dalam dunia organisasi. Ia pernah menduduki posisi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Berau pada tahun 2008 dan Ketua HIPMI Kabupaten Berau dari tahun 2004 hingga 2017.

Selain itu, ia memiliki pengalaman sebagai penasihat HIPMI Provinsi Kaltim dari tahun 2009 hingga 2014. Tahun 2023, Rusianto juga dipercayakan sebagai penasihat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kaltim. Saat ini, dirinya masih menjabat sebagai penasihat DPC Partai Gerindra Berau.

Selain perannya yang aktif dalam dunia politik dan organisasi, Rusianto juga dikenal aktif di media sosial. Di platform ini, ia sering membagikan berbagai aksi inspiratif, termasuk kegiatan bakti sosial dan kritikan yang konstruktif demi kemajuan daerahnya, terutama untuk kepentingan umum.

Pria yang akrab disapa Kiank ini bukanlah sosok baru di panggung politik. Ia pernah menduduki kursi legislatif di DPRD Kabupaten Berau, dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Semangatnya dalam mewakili dan memperjuangkan kepentingan warga di daerahnya tetap berkobar. Rusianto memiliki tekad besar untuk mewakili tanah kelahirannya, Pulau Maratua, sebagai anggota DPR-RI di Dapil Kaltim pada Pemilu 2024 mendatang.

Niatnya ingin bertarung merebut kursi di Senayan bukan tanpa alasan. Dia melihat selama ini, Kaltim khususnya Kabupaten Berau masih jauh tertinggal dibandingkan daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Baik dari segi infrastrukturnya maupun Sumber Daya Manusianya (SDM).

Menurutnya, kurangnya perhatian Pemerintah Pusat karena hanya segelintir putra Kaltim yang berhasil duduk di Senayan, sehingga perjuangannya kurang maksimal.

“Ini yang saya lihat selama ini. Karena daerah kita banyak diwakili orang-orang luar. Jadi perjuangan untuk kemajuan daerah kurang maksimal,” katanya.

“Karena itu, saya bertekad maju pada pemilihan legislatif DPR RI untuk mewakili daerah kelahiran saya. Kalau bukan kita, siapa yang akan memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan daerah kita di pusat,” bebernya lagi. (YF)

Bagikan

Subscribe to Our Channel