Follow kami di google berita

Paripurna Hari Jadi Berau, Bupati Berau Pamer Pencapaian

A-News.id, Tanjung RedebĀ  — Pada Jumat (15/9), DPRD Berau menggelar rapat paripurna yang meriah untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Berau dan Tanjung Redeb. Gedung dipenuhi nuansa kuning yang menggambarkan semangat perayaan, dan ratusan tamu undangan hadir dengan penuh antusias, menunggu dimulainya paripurna yang bersejarah ini.

Paripurna dimulai pada pukul 14.00 WITA dan dibuka dengan tari-tarian khas Berau. Bupati Berau, Sri Juniarsih, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau atas dukungan mereka yang tak henti-hentinya mendorong pembangunan yang terbaik.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, kepala dinas, ketua, dan anggota DPRD Berau yang terus bersinergi dalam membangun Bumi Batiwakkal ini,” ucap Bupati Sri Juniarsih.

Dia melanjutkan dengan menggambarkan visinya untuk Kabupaten Berau, yang mencakup peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), perekonomian masyarakat, sarana prasarana publik, tata pemerintahan yang berwibawa, dan berwawasan luas.

“Tujuan kami adalah membawa Berau ke masa keemasannya,” tambahnya.

Bupati Sri Juniarsih juga berkomitmen untuk melanjutkan sejumlah program pembangunan, seperti percepatan pembangunan di tingkat RT, pembangunan rumah sakit Tipe B, layanan PCR gratis, dan banyak lagi. Semua ini dilakukan dengan fokus pada kesejahteraan masyarakat Berau yang menjadi prioritas utama.

Selain itu, Sri juga menyebutkan program lainnya seperti, melanjutkan program pembangunan dengan SIGAP, gratis iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang tidak mampu, gratis fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) dan perlindungan tenaga kerja lokal, penyediaan 1000 titik wifi gratis hingga ke desa, peningkatakn perekonomian kampung dan kota, peningkatan program beasiswa Berau cerdas, 1000 laptop bagi guru, dan bantuan perlengkapan sekolah bagi pelajar yang tidak mampu, peningkatan insentif untuk kader posyandu, tenaga kesehatan, PTT, Ketua RT, pembimbing rohani dan tenaga pendidik (guru dan paud), program peningkatan sarana fasilitas air bersih (25.000 sambungan baru) dan listrik di seluruh kampung.

Lanjutnya program pembangunan kawasan terpadu, pusat seni, budaya, dan kreativitas (terdiri dari taman budaya, amphitheater, pusat kreativitas, kawasan UMKM terpadu) dan pembangunan balai adat, bantuan langsung tunai, akibat terdampak pandemi Covid-19, revitalisasi bangunan bersejarah, pemberian bantuan stimulan, pengembangan sarana dan prasarana destinasi pariwisata juga masuk dalam progamnya.

“Termasuk juga menyediakan fasilitas pembinaan, pelatihan, serta kredit lunak kepada UMKM, tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi dan juga bantuan layak huni bagi masyarakat kurang mampu,” ujarnya dalam sambutan.

Sementara itu, Ketua DPRD Berau, Madri Pani, menyambut visi Bupati Sri Juniarsih untuk membawa Berau ke masa keemasannya. Sebagai ketua DPRD, dia merasa memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan kesuksesan Berau dalam berbagai aspek, termasuk kesehatan dan ekonomi.

“Marilah kita bersama-sama bekerja keras untuk membuat Berau menjadi lebih baik,” ujar Ketua DPRD Madri Pani.

Dia juga menekankan pentingnya memahami sejarah Kabupaten Berau dalam perjalanan menuju kemajuan. Sejarah adalah fondasi untuk memahami masa kini dan masa depan yang lebih baik. Sejarah mencatat pembangunan yang telah dicapai oleh pemimpin sebelumnya dan peran penting dua kesultanan, yaitu Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur, dalam pembangunan Berau.

Madri Pani juga menyoroti peran kesultanan dalam menjaga persatuan dan kesatuan, serta menolak segala bentuk ancaman terhadap persatuan bangsa.

Sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Berau yang ke-70 dan HUT Kota Tanjung Redeb yang ke-213, peringatan ini memberikan kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan masa lalu, memahami pencapaian yang telah dicapai, dan membangun masa depan yang lebih baik.

“Kita harus bersama-sama pulihkan kesehatan dan meningkatkan perekonomian Kabupaten Berau. Semoga semangat persatuan dan kesatuan semakin kuat dalam mewujudkan masyarakat Berau yang maju, sejahtera, unggul, dan berdaya saing,” tutupnya. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel