PINDAH KANTOR DEKAT PEMUKIMAN, CARA KECAMATAN TELUK BAYUR EFEKTIFKAN PELAYANAN DAN JAGA SITUS BERSEJARAH

Camat Teluk Bayur Anang Ardiansyah

ANEWS, Teluk Bayur – Pelayanan kantor kecamatan dengan Kelurahan Teluk Bayur yang sekarang letaknya berjauhan, antara jalan Stasiun 3 dengan jalan Kampung Cina, menimbulkan banyak pertanyaan bagi warga sekitar.

Sebab, untuk pengurusan administrasi kependudukan, warga terpaksa harus bolak-balik antar kantor kecamatan dengan kelurahan. Yang akhirnya membuat sebagian warga mengeluhkan situasi yang demikian.

Ditanya terkait hal tersebut, Camat Teluk Bayur Anang Ardiansyah mengatakan, kalau pemindahan kantor kecamatan bukan karena tanpa sebab.

“Memang ada beberapa masyarakat yang protes dengan pelayanan satu pintu antara kelurahan-kecamatan yang sekarang berjauhan ini, namun itu juga ada beberapa alasan terkait situasi dan kondisinya,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Rabu (6/01/2021).

“Nah adapun kita pindah karena waktu itu kondisi kantor yang lama ada kerusakan di setiap bagiannya, termasuk ruangan saya sendiri. Kebetulan kantor yang baru ini direhab dan kita putuskan pindah kesini (Jalan Kampung Cina, red),” tambahnya.

Sebab lainnya adalah, akses masyarakat yang dinilai terlalu jauh dan kurang dengan fasilitas seperti fotokopi dan lain sebagainya di kawasan yang lama yang terletak di Stasiun 3 ring road bandara Kalimarau itu.

“Contohnya ada berkas yang tidak lengkap, seperti misalnya terkait untuk fasilitas fotokopi, akhirnya mau tidak mau warga harus kembali lagi,” katanya.

“Alasan lainnya juga kita sengaja pindah kesini agar lebih dekat dengan pemukiman yang istilahnya pelayanan itu bisa lebih efektif dan mudah dijangkau,” ucap Anang.

Selain berbagai situasi dan kondisi yang harus memungkinkan pihak kecamatan harus pindah. Di sisi lain juga adalah untuk cara Kecamatan di dalam menjaga situs bersejarah yang ada di Teluk Bayur.

“Kalau ditempati kan secara otomatis terawat, jangan sampai setelah direnovasi terus terbengkalai begitu saja,” pungkasnya.(mik)

Bagikan