Pertandingan Hari Ketiga, Perebutan Emas Nomor Tanding Beregu

A-News.Id, Tanjung Redeb – Cabang Olaharaga (Cabor) Pentaque pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur ke 7, telah masuk hari ketiga. Sebanyak 8 kabupaten dan kota berlaga memperebutkan medali emas untuk kelas atau nomor beregu putra dan putri, yang dilaksanakan di SMP 6 Tanjung Redeb, Jalan Kedaung Kelurahan Sei-Bedungun, Rabu (30/11/2022).
Technical Delegate Cabor Pentaque, Danang Septa Friawan mengatakan, hari pertama dilaksanakan pertandingan kelas single women dan shooting men. Sementara itu, di kedua dilanjutkan dengan nomor tanding double men, double women, dan shooting women.
“Ini sudah masuk hari ke 3, dan proses pertandingan masih berlangsung,” ujarnya.
Dikatakannya, akan ada 13 nomor tanding yang dilagakan dalam ajang Porprov kali ini. Mulai dari singgel putra-putri, beregu putra-putri, ganda putra, ganda putri, ganda campur, shooting man dan women hingga ke nomor super mix. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan rampung pada Jumat, 2 Desember mendatang.
“Ada banyak nomor tanding, dan saat ini sudah ada beberapa yang rampung. Misalnya, single women, shooting men, double men, double women, dan shooting women,” katanya.
Untuk perolehan sementara dari kontingen nomor yang telah dipertandingkan sejak hari pertama dan kedua, Samarinda berhasil menyumbang 2 medali emas pada nomor tanding single women dan single men. Kontingen dari Penajam Paser Utara berhasil menyumbangkan 1 medali emas pada nomor tanding shooting men.
Semenntara, untu kontingen Balikpapan berhasil menyumbangkan 2 medali emas pada nomor tanding double men dan double women. Dan kontingen Kutai Timur berhasil menyumbangkan 1 medali emas pada nomor tanding shooting women.
“Itu hasil dari pertandingan di hari pertama dan kedua,” terangnya.
Untuk diketahui, Petanque (dibaca petang) merupakan Olahraga Permainan asal Prancis dengan cara melempar Bola Besi (Bosi) sedekat mungkin ke arah target bola kecil yang terbuat dari kayu atau biasa disebut dengan Jack. Dalam melempar bosi, posisi kaki pemain harus masuk kedalam Circel (Lingkaran ) dengan posisi kaki rapat tidak keluar atau menginjak Circel tersebut.
Petanque sendiri dimainkan di area tanah datar dengan tambahan pasir atau kerikil, area lapangan Petanque memiliki diameter lebar lapangan 4 Meter dan Panjang 15 Meter.
Dalam bermain Petanque ada dua jenis teknik Dasar yaitu teknik pointing dan teknik Shoter. Teknik pointing dilakukan oleh pemain agar bola besi lebih dekat dengan Jack dan sebaliknya teknik Shoter dilakukan pemain untuk mengenai bola bosi lawan yang lebih berdekatan dengan Jack atau taget. Dalam melakukan dua teknik lemparan ini dibutuhkan ketenangan dan konsterasi tinggi agar bola bosi yang di lempar bisa lebih dekat dengan target.
Olahraga Petanque sendiri dipertandingkan peratama kali di Indonesia pada Gelaran Sea games 2011 yang di selenggarakan di Jakarta – Palembang, olahraga petanque juga menjadi cabor resmi pada Gelaran Pekan Olahraga Nasional(PON) Ke XX di Papua. (POh)

Bagikan